Mohon tunggu...
KOMiK Community
KOMiK Community Mohon Tunggu... Komunitas Pecinta Film

KOMiK (Kompasianers Only Movie enthus(i)ast Klub) | Komunitas Kompasianer Pecinta Film. Hobi Nonton, Nulis. Relax, Enjoy the Movie, and Write!\r\n\r\nJoin Us: Grup KOMiK

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Warga Bogor, Layar Tancapan di "Luar Bioskop 2019" Yuk!

24 Oktober 2019   11:05 Diperbarui: 28 Oktober 2019   16:55 0 8 2 Mohon Tunggu...
Warga Bogor, Layar Tancapan di "Luar Bioskop 2019" Yuk!
Program Luar Bioskop kembali dihelat (Sumber: Bale Films)

Omong-omong kapan KOMiKers kali terakhir menonton film dengan format layar tancap? Sekilas layar tancap seperti ketinggalan zaman, tapi format tontonan alternatif ini sebenarnya memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Menontonnya bisa lebih santai dan suasananya lebih hangat.

Nah apabila kalian ingin merasakan suasana menonton di tempat terbuka, kalian bisa mengikuti program "Luar Bioskop" yang kembali diadakan di Bogor.

Adalah Freeaktivitas yang kemudian berubah nama menjadi Bale Films yang menghelat acara ini. Diawali pada tahun 2018 dan sukses, maka acara ini kembali diadakan pada tahun ini. Program "Luar Bioskop" ini diharapkan menjadi alternatif untuk memutar film-film pendek karya penggiat film Indonesia yang tidak diputar di bioskop mainstream.

Kegiatan yang dilakukan selain memutarkan film-film lokal produksi sineas Indonesia, juga berkolaborasi bersama komunitas-komunitas lintas disiplin ilmu seperti komunitas dongeng, kopi, teater, musik dan fotografi yang berkegiatan dan menyampaikan narasinya masing-masing.

Nah, sebelum menggelar pemutaran film, penonton diajak untuk mengikuti workshop singkat tentang cara membuat konten audio visual. yang kemudian mereka akan diajak untuk membuat dokumentasi tentang kegiatan warga desa beserta potensi desanya, mulai dari pra-produksi, produksi, sampai pasca produksi atau editing. Hasil dokumentasi ini akan diputar pada acara penayangan film pada malam "Luar Bioskop".

Selain pemutaran film juga ada kegiatan lainnya dari berbagai komunitas (sumber: Bale Films)
Selain pemutaran film juga ada kegiatan lainnya dari berbagai komunitas (sumber: Bale Films)
Rangkaian acara ini akan diawali dengan open submission yang dibuka mulai 24 Oktober - 16 November 2019 untuk menyaring film-film pendek yang nantinya bakal ditayangkan dalam rangkaian acara luar bioskop. Sedangkan pemutaran film akan digelar di enam desa secara berurutan mulai 16 November, yaitu di Desa Cilebut, Desa Cibuntu, Desa Cibadak, Desa Bunar, Desa Kampung Sawah, dan Desa Padati Mondok.

Film yang diputar di setiap desa berjumlah 5-8 film yang akan dipilah dan disesuaikan dengan durasi acara. Program pemutaran luar bioskop ini bisa diikuti secara cuma-cuma baik oleh warga desa maupun KOMiKers yang tertarik untuk menyaksikannya.

Sekilas tentang Bale Films
Bale Films merupakan komunitas film Bogor yang berfokus pada pengembangan SDM dan karya film. Menggagas konsep duduk, belajar, berkarya bareng, yang artinya semua orang yang terlibat dan ingin terlibat dalam komunitas ini dihadapkan dengan gaya berkomunitas yang sederhana.

Berdiri sejak 7 Agustus 2014 dengan nama awal Freeaktivitas Films, Bale Films memilki harapan setiap orang yang memiliki minat dalam bidang audio visual memiliki wadah untuk belajar bersama dan menuangkan kreatifitas, gagasan, imajinasi, pesan, secara lebih fresh dan mudah diterima dalam benak dan hati audience-nya dengan ramah, menghibur, dengan sisipan yang mengedukasi.

Bale Films pernah mencatatkan prestasi dengan lolos di sebuah festival film mancanegara (sumber: Bale Films)
Bale Films pernah mencatatkan prestasi dengan lolos di sebuah festival film mancanegara (sumber: Bale Films)
Menyampaikan wacana perfilman pada masyarakat luas dirasa menjadi salah satu kewajiban bagi Bale Films sebagai salah satu bagian dari pergerakan perfilman dalam ruang lingkup pembuat film independen.

Dengan demikian masyarakat lebih mengenal pergerakan perfilman independen yang memiliki kekuatan yang sangat berpengaruh bagi pergerakan perfilman Indonesia maupun dunia.

Sejak 2017 Bale Films telah beberapa kali berkolaborasi dengan KOMiK, seperti kegiatan pemutaran film pendek, diskusi film, dan sebagai media partner acara Luar Bioskop 2018.

Acara Bale Films bekerja sama dengan KOMiK tahun lalu (sumber: KOMiK)
Acara Bale Films bekerja sama dengan KOMiK tahun lalu (sumber: KOMiK)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x