Ada rencana untuk mengubah model kebijakan lalu lintas yang berorientasi dari mobil dan sepeda motor  menjadi transportasi sepeda yang meriah dan aman
Dibalik pro dan kontra, pembuatan jalur sepeda di Jakarta patut diapreasiasi. Ada pendapat kota yang berhawa panas seperti Jakarta tidak cocok untuk transportasi sepeda kecuali untuk olah raga dan wisata.
Transportasi sepeda hanya cocok dikota yang berhawa sejuk. seperti kota Malang  Bukittinggi atau dibeberapa kota di Sumatera Utara.
Jalur sepeda juga cocok dilaksanakan di kota kota wisata dibarengi oleh penyewaan sepeda yang murah,disubsidi pemerintah, dengan beberapa kebijakan.
Disamping pujian dari penggemar sepeda, terdapat kritik karena jalur sepeda sering dipakai kendaraan lain seperti ojek online , kendaraan dan sebagainya.
Pemerintah dalam membangun jalur sepeda dapat melihat dan meniru kota lain didunia.
Di Denmark yaitu kota Kopenhagen mulai memiliki alur sepeda terbuka pada tahun 2016.
Pemerintah Kopenhagen menerapkan banyak kebijakan untuk mendukung dan mendorong budaya bersepeda dengan prioritas undang-undang.
Selain itu, kota  menyewakan sepeda terutama dipusat kota,dan tempat melayani wisatawan.
Pemerintah Denmark  berkomitmen untuk berinvestasi sekitar 40 USD/orang dalam infrastruktur sepeda.
Statistik menunjukkan bahwa 97% penduduk Kopenhagen puas dengan kondisi bersepeda di kota itu.
Belanda adalah negara langka yang jumlah sepedanya lebih banyak dibandingkan jumlah penduduknya.
Diperkirakan ada 23 juta sepeda dikota itu
Bersepeda dianggap paling aman berkat jaringan jalan raya yang luas dan jalur sepeda yang terpisah dari jalur lain.