Mohon tunggu...
KOMENTAR
Bahasa

Beberapa Langkah Pendampingan Psikologis Untuk Belajar Huruf Kepada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

20 September 2012   06:47 Diperbarui: 25 Juni 2015   00:11 1491 0


Beberapa waktu yang lalu, saya berkunjung ke sebuah Sekolah Dasar, saya terlibat dialog dengan seorang siswa kelas 2 Sekolah Dasar, sebut saja Fani. Saat itu, saya bertanya kepada Fani apakah ia sudah hafal huruf alfabet. Fani memberikan jawaban pada ia sudah hafal huruf. Kemudian saya berkata “wah, berarti sudah lancar, dong!” Fanipun memberikan jawaban bahwa ia belum lancar, ia berkata bahwa ia kesulitan untuk membaca kalimat “Ibu dan Ayah pergi ke sebuah tempat yang terletak di…” Kemudian saya berkata “Oh, kesulitan membaca dikalimat panjang ya?” Fanipun mengangguk.

Berdasarkan pengalaman di atas, penulis memiliki pendapat bahwa beberapa anak sudah mampu mengenali kemampuan ia dalam membaca, namun masih perlu pendampingan dari guru/ pendidik/ pemerhati pendidikan/ orang tua/psikolog sekolah/konselor sekolah untuk menjelaskan secara spesifik keterampilan yang telah dikuasai dan belum dikuasai oleh anak. Misalnya: apakah anak kesulitan dalam membaca kalimat panjang, anak kesulitan dalam membunyikan huruf “J” dan “Y”. Hal tersebut untuk membantu menjelaskan kepada anak mengenai kesulitan yang tengah ia alami. Selain itu, respon positif dari orang dewasa di sekitar mengenai kesulitan membaca yang sedang dihadapi akan membuat anak merasa positif dan menjaga semangatnya untuk tetap belajar membaca.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun