Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud Pilihan

Perbedaan Pendidikan Zaman Dahulu dengan Zaman Sekarang

29 Juli 2022   22:43 Diperbarui: 29 Juli 2022   22:52 2053 2

Pendidikan adalah proses pembelajaran ilmu baik pengalaman maupun pengetahuan dan keterampilan adapula pembentukan karakter, dari hasil pendidikan tersebut, oleh seorang guru terhadap muridnya sehingga pendidikan sangat penting bagi seluruh umat manusia untuk mengetahui segala sesuatu yang tidak di ketahuinya, sebagaimana kutipan dari hadist Rasulullah SAW " Tuntutlah Ilmu dari buayan sampai liang lahat ".

Menurut Ki Hajar Dewantara ( Bapak Pendidikan Nasional Indonesia ) " Pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak, agar mereka sebagai manusia dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Pendidikan zaman dulu

Pada zaman dulu pendidikan di Indonesia masih sangat minim dari segi fasilitas nya bahkan secara sistem pembelajaran nya , akan tetapi pada dasarnya murid-murid atau siswa pada zama dulu lebih mandiri dan lebih semangat dalam belajarnya.

Di zaman dulu murid lebih mementingkan hasil belajarnya untuk menjadi seseorang yang sangat berilmu dan berpengetahuan dan berketerampilan. Di lihat Kurikulum pengajaran pada zaman dulu guru lebih aktif dari untuk mengejar target berupa meteri yang harus di kuasai oleh siswa .

Alat belajar pada zaman dulu juga masih minim berupa papan tulis hitam dengan menggunakan kapur, penggaris kayu dan lain sebagainya.

Pendidikan zaman sekarang

Pendidikan zaman sekarang lebih mementingkan nilainya baik itu nilai raport maupun nilai ujian dengan berbagai cara, dengan itu pada zama sekarang nilai bukan jadi cerminan untuk sebuah keberhasilan.

Pada zaman sekarang segala fasilitas untuk pembelajaran pun sudah sangat lengkap seperti bermacam macam tekhnologi seperti komputer maupun handphone, bahkan kita belajarpun bisa menggunakan tekhnologi tersebut seperti aplikasi ruang guru, classroom dan lain sebagainya,

Pada zaman sekarang sudah banyak kurikulum di Indonesia ini seperti kurikulum KTSP, kurikulum 2013, kurikulum Merdeka dan lain sebagainya.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan