Mohon tunggu...
KOMENTAR
Film

Yuk Kupas Tuntas Genre The Wedding Film Lewat Film "Crazy Rich Asians"

19 September 2021   23:05 Diperbarui: 19 September 2021   23:26 146 2

Film merupakan salah satu hiburan yang bisa kita nikmati, dengan visualisasi dan jalan cerita yang bermacam -- macam menjadikan film sebagai salah satu pilihan hiburan. Dalam dunia perfilman terdapat berbagai genre, mulai dari horor, komedi, thriller, drama dan masih banyak lagi.

Nah, selain genre -- genre yang disebutkan di atas ada satu genre yang disebut sebagai genre the wedding film, mungkin genre ini masih kurang familiar di telinga kita. Akan tetapi setidaknya anda pasti pernah menonton salah satu film dengan genre the wedding film.

Apa itu genre the wedding film?

Nah, jadi apa sih itu genre the wedding film ? Jadi genre ini merupakan salah satu genre yang fokus terhadap nilai yang ada di dalam pernikahan, sederhananya genre film ini bertema kan pernikahan di film tersebut. Akan tetapi di genre the wedding film tidak melulu bercerita tentang romansa tapi juga menceritakan tentang persahabatan, keluarga, pertemanan yang kelak bisa kita ambil juga nilai-nilai dan moral dari film tersebut.

Berdasarkan buku World Cinema Through Global Genres, film pernikahan dikelompokan ke beberapa pengelompokan yang lebih luas seperti subgenre melodrama, film wanita, dan roman. Selain itu terdapat unsur -- unsur dalam film pernikahan seperti film pernikahan dengan sedikit komedi, atau film pernikahan dengan unsur lebih gelap dan menakutkan, maupun film pernikahan dengan menampilkan jalan cerita politik.

Crazy Rich Asians (2018)

Pada awalnya genre the wedding film dimulai dengan film pernikahan dari Amerika Serikat. Film pernikahan menceritakan kisah -- kisah romantis dalam pernikahan. Akan tetapi semakin berkembangnya zaman, film pernikahan telah berkembang dan menampilkan bentuk yang berbeda dengan adanya penambahan implikasi budaya yang khas.

Salah satu film yang akan kita bahas kali ini adalah film Crazy Rich Asians yang dirilis pada tahun 2018, film ini termasuk ke dalam genre the wedding film karena menceritakan tentang pernikahan.

Film ini diawali dengan seorang perempuan bernama Rachel Chu yang tinggal di Amerika, biarpun berdarah chinese Rachel dan Ibunya sudah lama bermigrasi ke Amerika maka dari itu budaya chinese mereka tidak sekental yang ada di Asia.

Film ini mengambil latar belakang budaya China-Singapura yang kental yang juga sekaligus memperkenalkan budaya Asia lewat film ini. Film ini menceritakan bagaimana Rachel Chu yang sedang menjalin asmara dengan seorang pria kaya raya keturunan chinese asal Singapura bernama Nick Young.

Keduanya melakukan perjalanan ke Singapura untuk menghadiri pernikahan sahabat Nick di film ini diceritakan Singapura merupakan kampung halaman Nick, sehingga itu juga menjadi momen Rachel untuk berkenalan dengan keluarga besar Nick.

Akan tetapi ternyata selama ini Nick merupakan seorang anak konglomerat dan Rachel tidak mengetahui itu,ia baru menyadari bahwa Nick adalah orang paling kaya di Singapura setelah bertemu sahabatnya Goh Peik Lin.

Di film ini diceritakan bahwa kisah cinta keduanya tak berjalan mulus karena ibu Nick, Eleanor Young yang tidak merestui hubungan mereka berdua, dikarenakan Rachel berasal dari keluarga sederhana dengan latar belakang keluarga biasa.

Eleanor mengharapkan anaknya Nick menikah dengan perempuan yang memiliki strata sosial serta ekonomi yang sama dengan keluarganya, dengan adanya konflik -- konflik tersebut perjuangan cinta keduanya pun diuji. Selain itu, film ini juga menceritakan sedikit tentang kehidupan pernikahan kakak Nick yang super kaya namun tak begitu mulus dan juga memiliki konflik di rumah tangganya.

Film Crazy Rich Asians (2018) termasuk ke dalam the wedding film karena menurut Constanzo, genre the wedding film merupakan film yang berisi ataupun mengangkat sindiran sosial dan mengangkat masalah yang berhubungan dengan pernikahan yang ada di dalam masyarakat.

Jadi, apakah film Crazy Rich Asians ini layak ditonton? Jawabannya sangat layak! Karena film ini berisikan nilai -- nilai kehidupan dan budaya yang dapat kita jadikan pelajaran untuk kedepannya, selamat menonton~

Daftar Pustaka:

Costanzo, W. V. (2014). World Cinema Through Global Genres. UK: Wiley Blackwell

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan