Mohon tunggu...
KOMENTAR
Wisata Pilihan

Pendakian Bukit Cumbri Via Pagerukir Sampung

9 Juli 2021   21:58 Diperbarui: 9 Juli 2021   22:15 209 2

Pendakian Bukit Cumbri Via Pagerukir Sampung

Bicara Bukit Cumbri tentunya menarik untuk dibahas yaa. Khususnya buat kaum muda. Apalagi yang suka mendaki ataupun berburu sunrise dan sunset di atas ketinggian. Nah, kali ini penulis tidak akan membahas ketinggian ataupun letak wisata yang satu ini ya, karena sudah membahas pada tulisan sebelumnya yang berjudul "Bukit Cumbri, Pesona Keindahan Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur".

Pada kali ini penulis akan berbagi pengalaman tentang Pendakian Bukit Cumbri Via Pagerukir. Jika melewati rute ini Anda bisa langsung menuju jalur pendakian via Dukuh Ngudal, Desa Pagerukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo.

Penulis waktu itu berangkat setelah waktu subuh, sekitar jam 04.45 wib. Sebelum menuju pendakian, Anda akan menitipkan kendaraan di tempat yang telah disediakan. Area Parkir Mushola Darul Arrohman Desa Pagerukir (jalur terdekat pendakian Bukit Cumbri Via Pagerukir). Karcis Parkir Wisata Bukit Cumbri, parkir roda 2 Rp. 5.000, parkir roda 2 (inap) Rp. 10.000, parkir roda 4 Rp. 10.000, parkir roda 4 (inap) Rp. 20.000.

Selanjutnya, setelah ditempat parkiran Anda bisa langsung mendaki menuju ke puncak Bukit Cumbri. Jangan takut kesasar yaa, jalur pendakian sudah ada penunjuk arahnya. Selain itu, Anda juga akan melewati perkebunan warga, yakni lahan jambu mete yang menyambut dan menemani selama pendakian.

Jika merasa kelelahan selama perjalanan bisa berhenti di setiap pos untuk sekedar melepas lelah sejenak. Disarankan untuk menyiapkan fisik yang prima untuk menuju ke atas Bukit Cumbri. Dibutuhkan lebih kurang 15 sampai 30 menit perjalanan Anda akan sampai dipuncak.

Sesampainya dipuncak Anda akan disuguhkan dengan view yang indah. Bisa melihat panorama keindahan kota Ponorogo disebelah timur dan sebelah barat untuk melihat Kabupaten Wonogiri.

Kalau beruntung Anda akan menjumpai gerombolan monyet yang siap menyambut. Kalau ingin berswafoto juga bisa diajak yaa, hehehe.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan