Mohon tunggu...
KOMENTAR
Edukasi

Martha dan Vanda, Putri Papua yang Kini Jadi Pilot Garuda

26 Agustus 2019   17:26 Diperbarui: 26 Agustus 2019   17:51 18 1

Putra-putri Papua memiliki prestasi yang tak kalah dengan anak daerah lain. Banyak anak-anak Papua yang berprestasi di berbagai bidang.

Diantara itu adalah dua mahasiswi Papua Barat, Vanda Korisano dan Martha Itaar. Dua mahasiswi asal Papua Barat ini menjadi pilot pertama di maskapai BUMN Indonesia, Garuda Indonesia per Juni 2019.

Mereka adalah lulusan dari New Zealand  yang mendapatkan beasiswa dari dana Otonomi Khusus (Otsus) pemerintah provinsi Papua.  

Vanda dan Martha menempuh pendidikan di Nelson Aviation College, Selandia Baru dan berhasil mengejar mimpinya.

Mereka dipercaya menjadi pilot pertama terbesar Indonesia dan untuk nasional.

Nantinya akan ada lagi anak Papua yang mendapatkan kesempatan emas ini. Sebab bukan hanya untuk masa depan mereka tapi secara tidak langsung dapat memotivasi dan mengharumkan daerah masing-masing untuk berprestasi.

Prestasi tersebut menjadi bukti Pemerintah Pusat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk mendorong kemajuan wilayah dengan mencetak SDM unggul dan berdaya saing tinggi melalui pemberian beasiswa prestasi bagi putra-putri Papua untuk belajar di luar negeri.

Semoga keberhasilan dua putri Papua menjadi pilot maskapai penerbangan bergengsi nasional dapat memotivasi anak-anak bangsa lainnya untuk terus mengejar mimpi dan mengharumkan nama daerah masing-masing.

Inilah bukti bahwa anak-anak Papua yang membanggakan Indonesia. Mereka adalah saudara kita yang patut diapresiasikan.

KEMBALI KE ARTIKEL