Mohon tunggu...
KOMENTAR
Kesehatan

Klinik Gigi Mendaur Ulang Barang Disposable? Amankah?

22 Juli 2020   10:56 Diperbarui: 18 Agustus 2020   10:53 8 2

Berikut adalah pengalaman  Tija Hunter, CDA, EFDA, CDIA, CDSO, CDSH, MADAA, vice president of the American Dental Assistants Association (ADAA) mengenai alat kesehatan gigi yang tergolong disposable item kemudian didaur ulang oleh klinik klinik gigi

Rumor :

Boleh saja menggunakan kembali barang-barang sekali pakai. CDC mengatakan bahwa kita dapat menggunakan kembali masker, jadi menggunakan ulang barang disposable lainnya bukan masalah besar! iya kan?

SALAH

Menggunakan kembali barang sekali pakai (disposable), barang sekali pakai, atau barang sekali pakai pasien adalah hal yang sangat tidak boleh! Ya, CDC telah melonggarkan beberapa pembatasan disposable item seperti pada masker dan APD lainnya yang telah menjadi sulit ditemukan untuk banyak klinik, dan tidak mungkin diperoleh untuk orang lain. Itu tidak berarti bahwa kita bisa menjadi gila dan menggunakan kembali barang-barang disposable yang jelas tidak boleh digunakan kembali.

Salah satu item yang sering ditemukan digunakan kembali oleh Klinik gigi adalah tudung hidung dinitrogen oksida. Opsi nya bisa pakai sekali saja (disposable) atau bisa menggunakan autoclave, tidak ada di antara keduanya. 

KEMBALI KE ARTIKEL