Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

Dua Presiden Negara Adidaya akan Hadiri KTT ASEAN

7 November 2011   07:09 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:58 273 0

JAKARTA-Mata dunia akan segera beralih ke Indonesia khususnya pulau Bali, karena akan di adakan KTT Asean dan KTT Asia Timur.Negara adidaya seperti Amerika Serikat dan Rusia berencana hadir dan Presidennya segera terbang ke Denpasar-Bali.Mereka diundang sebagai partisipan dalam KTT ke-19 ASEAN pada 17-19 November 2011.

Khusus untuk KTT ke-19 ASEAN ini, rencanakan mengikutsertakan negara adidaya AS dan Rusia dalam pertemuan dengan kepala negara dan kepala pemerintahan se-ASEAN dan Asia.Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama dan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev serta Sekertaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon, juga direncakan hadir, termasuk pimpinan negara-negara Asean.

KTT ASEAN ke-19 yang dijadwalkan berlangsung pada 17 November 2011. ASEAN Plus Three (Jepang, China dan Korea Selatan) juga akan diselenggarakan pada hari berikutnya pada 18 November. Sedangkan KTT Asia Timur yang ke-6 akan dihadiri oleh para pemimpin ASEAN serta Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Rusia, dan Amerika Serikat, kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung pada 19 November 2011. Semua kegiatan tersebut akan berpusat di Bali Nusa Dua Convention Center, di kompleks Nusa Dua Resort.

Para pemimpin ASEAN juga akan memperbaharui deklarasi mengenai masalah HIV dan AIDS serta peringatan 10 Tahun Deklarasi ASEAN. KTT Asean ke -19  mendatang merupakan KTT ASEAN kedua yang diselenggarakan Indonesia setelah KTT ASEAN ke-18 di Jakarta, Mei 2011 lalu. Dengan mengusung tema "ASEAN Community in a Global Community of Nations", Indonesia sebagai pemimpin ASEAN 2011, akan berupaya untuk memimpin ASEAN menuju masa depan yang lebih baik.

KEMBALI KE ARTIKEL