Mohon tunggu...
KOMENTAR
Humaniora

Overthinking?!

24 April 2021   08:14 Diperbarui: 24 April 2021   08:16 37 1

"Gimana kalo nanti aku ga bisa ngerjain soal ujiannya?"
"Gimana kalo nanti nilainya jelek?"
"Gimana kalo nanti presentasinya gagal?"
"Gimana kalo nanti aku jadi dibenci temen2?"

Jujur dehh, pertanyaan-pertanyaan di atas pasti sering kalian pikirin kann? Yappss, kalian pasti sering banget overthinking!
Nah kira-kira siapa sih yang dirugikan dari overthinking ini? Jawabannya jelas, dirimu sendiri dongg!

Sadarilah bahwa overthinking hanya akan menyiksa dirimu sendiri karena kamu hanya memikirkan hal-hal tidak pasti yang berada di luar kendalimu. Pikiran-pikiran itu tidak akan membantu merubah apapun.

Jadi, kalo sampe sekarang kalian masih suka overthinking, coba deh sejenak kalian hentikan pemikiran kalian, ingat kembali dan pikirkan hal-hal apa saja yang telah kalian lakukan hari ini, beberapa hari belakangan, seminggu ini, atau sebulan ini...  Wah ternyata banyak ya berbagai usaha yang telah kamu lakukan belakangan ini... Lihat, kamu hebat bukan? Kamu telah berusaha melakukan semua yang kamu bisa. Jadi stop overthinking tentang segala hal yang mungkin terjadi ke depan. Yang terpenting adalah kamu telah berusaha melakukan apa yang kamu bisa, gak perlu pikirin ketakutan-ketakutanmu yang jelas-jelas berada di luar kendalimu.

Jadi, kalo kamu masih suka overthinking, yuk ubah kalimat "gimana kalo nanti..." menjadi "apa yang bisa aku lakukan untuk..."

Yukk belajar untuk buang jauh-jauh overthinkingmu. Ingat bahwa dalam hidup ini, kamu telah berusaha untuk melakukan semuanya dengan baik dan semaksimal yang kamu bisa. Dan percayalah bahwa apa yang akan kamu terima di depan, tidak jauh dari apa yang kamu usahakan sekarang. Daripada overthinking, mending kita pikirkan apa yang bisa kita lakukan sekarang untuk memaksimalkan hidup kita ke depan.

Stop overthinking! You're only creating problems that aren't there! Jangan lupa bahagia readers!

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan