Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud & Agama

Lahirnya Bahasa Indonesia

3 Desember 2020   13:59 Diperbarui: 3 Desember 2020   14:01 69 0

Tahukah kalian sejarah lahirnya bahasa indonesia?
Sebenarnya bahasa indonesia lahir dari latar sosial perjuangan bangsa Indonesia, sebagaiamana telah kita ketahui bahwa pada masa sebelum kemerdekaan para leluhur atau nenek moyang kita berjuang keras demi kemerdekaan bangsa indonesia dan membebaskan bangsa dari penjajahan. Pada saat itu terdapat momen-momen yang sangat penting yaitu momen pengikraran sumpah pemuda yang salah satu dari isi sumpah tersebut yaitu menjujung tinggi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Dengan pengikraran tersebut, para leluhur menggunakan bahasa indonesia sebagai alat pemersatu bangsa indonesia. Ketika pengikraran bahasa Indoensia sebagai bahasa persatuan,  orang-orang dari berbagai latar belakang kebudayaan memiliki alat komunikasi yang sama sehingga bisa bekomunikasi dengan lancar. Nah, dengan lancarnya komunikasi antar bangsa merupakan kondisi yang dapat menunjang perjuangan kemerdekan melalui pertukaran informasi melampaui kendala budaya yang pada saat itu ada. Selain itu, orang-orang yang menggunakan bahasa yang sama akan merasa memiliki identitas yang sama dan oleh karena itu orang-orang akan merasa berada pada komunitas yang sama. Perasaan berada pada identitas atau komunitas yang sama merupakan perasaaan yang sangat penting dimiliki oleh sebuah bangsa yang menginginkan kemerdekaan.

Lalu, kapan lahirnya bahasa Indonesia ?
Secara politis Bahasa Indonesia sudah lahir sejak 28 Oktober 1928 saat Bahasa Indonesia diikrarkan sebagai bahasa persatuan.  Secara yuridis Bahasa Indonesia lahir pada 18 Agustus 1945 ketika UUD 1945 resmi diundangkan yaitu pada pasal 36 UUD 1945 telah disebutkan bahwa bahasa negara adalah Bahasa Indonesia. Kemudian pada saat itulah perkembangan Bahasa Indonesia dimulai dengan sangat pesat, setelah kemerdekaan barulah dibuat sistem ejaan sendiri yaitu ejaan republik yang hingga saat ini berkembang menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia ( PUEBI ). Hal ini menjadikan Bahasa Indonesia memiliki ciri  yang berbeda dengan bahasa melayu meskipun secara sejarah bahasa melayu merupakan satu rumpun dengan Bahasa Indoesia.

KEMBALI KE ARTIKEL