Mohon tunggu...
KOMENTAR
Bola Pilihan

Demi Empat Besar, Chelsea FC Cukup Bermain Imbang Lawan Liverpool

4 Maret 2021   22:46 Diperbarui: 4 Maret 2021   23:38 119 15

Tujuan sebuah pertandingan adalah kemenangan, namun hasil imbang sudah cukup mengantar Chelsea menduduki posisi ke-4 klasemen semantara Liga Premier di minggu ke-27 ini. Posisi ini sangat berbeda dengan Liverpool yang sangat berharap bisa menang, jika ingin meraih posisi nomor empat klasemen sementara Liga Premier. The Reds akan menjamu the Blues di Stadion Anfield, 5 Maret 2021 dini hari nanti.

Situasi yang berbeda untuk meraih posisi ke-empat itu menjadikan laga dinihari nanti benar-benar bakal panas. Sebagai pendukung Chelsea, catatan laga sebelum ini menunjukkan bahwa kedua tim sebenarnya seimbang. Bagi the Reds, sebagai juara liga tahun lalu, kemenangan dinihari nanti akan meneruskan 'tradisi' selama ini. Empat laga terakhir antara si Merah dengan si Biru selalu dimenangkan si Merah.

Meski begitu, catatan beberapa laga di Anfield menunjukkan Liverpool kalah dan hanya bermain imbang ketika menjamu Burnley, Brighton & Hove Albion. Sementara itu, Liverpool bisa menunjukkan performa yang membaik dengan menang melawan tim juru kunci Sheffield United dengan skor 2-0 pada Senin lalu. Kemenangan itu menjadi modal positif melawan Chelsea nanti, setelah serangkaian hasil buruk Tim Merah di Liga Inggris.

Hasil Imbang
Sementara tim tamu Chelsea sedang dalam performa baik di tangan pelatih baru, Thomas Tuchel. Dalam sembilan pertandingan di semua ajang, Chelsea belum terkalahkan dengan catatan enam menang dan tiga hasil seri. Chelsea mencatatkan 10 gol dan baru kebobolan 2 gol. Tim Biru ini juga membukukan 7 clean sheet sejak Tuchel menjadi pelatih di akhir Januari 2021.

Bagi Chelsea, laga melawan Liverpool ini adalah pertama kalinya sejak the Blues dilatih Tuchel. Dengan catatan hingga laga terakhir, Chelsea selalu konsisten dalam pertahanan di wilayah lawan. Dominasi penguasaan bola dalam sembilan laga selama ini tampaknya bakal berlanjut dalam laga melawan Liverpool dinihari nanti. Di bawah komando Azpilicueta, barisan pertahanan Chelsea diperkirakan bakal menjaga ketat setiap penyerang lawan yang kemungkinan terdiri dari trio Firmino, Salah, dan Mane.

Seperti pelatih Liverpool Juergen Klopp, Tuchel juga menyukai permainan sepak bola menyerang. Repotnya, lini penyerang Chelsea ternyata juga konsisten tumpul. Enam kemenangan di bawah Tuchel memperlihatkan skor gol yang tipis saja.

Harapan Chelsea sebenarnya masih ada, misalnya, dengan cara memainkan pemain senior seperti Olivier Giroud. Keberadaan Giroud atau pemain gaek lainnya diyakini dapat meningkatkan kepercayaan diri para pemain muda atau baru berharga mahal itu di lapangan, sehingga dapat berujung pada terciptanya gol kemenangan bagi the Blues.

Inkonsistensi Chelsea itu yang cenderung memunculkan prediksi bahwa tim Biru ini hanya berharap pada hasil imbang untuk meraih posisi empat besar.

Kenyataan bahwa Liverpool bermain menyerang untuk meraih kemenangan pada laga dinihari nanti tentu saja akan memaksa Chelsea meladeni permainan tim tuan rumah, sehingga permainan menjadi lebih menarik.

KEMBALI KE ARTIKEL