Mohon tunggu...
KOMENTAR
Edukasi

Dalam Rangka Sumpah Pemuda Mahasiswa Indonesia di Mesir Akan Adakan Kerjabakti di Kampus Al-Azhar

2 November 2013   04:50 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:42 101 0

Kegiatan ini merupakan refleksi peringatan Sumpah Pemuda yang diperingati 28 Oktober bulan kemarin. Dengan mengusung tema “Dengan Sumpah Pemuda, Kita Wujudkan Pemuda Yang Santun, Cerdas, Inspiratif dan Berprestasi.”

PPMI Mesir yang diketuai Amrizal Batubara lewat undangan umumnya mengundang seluruh elemen pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir (Masisir) untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Atas nama negara Republik Indonesia dan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Mesir (PPMI-Mesir), kami Dewan Pengurus Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Mesir mengajak kepada seluruh Pelajardan Mahasiswa agar sama-sama memberikan kontribusi yang nyata kepada Universitas Al-Azhar dengan ikut serta dalam '' Kebersihan Kampus Al-Azhar tercinta.''

Adapun tembusan dari kegiatan ini meliputi Kedubes RI Mesir, Grand Syaikh Al-Azhar, Rektor Universitas Al-Azhar, dan DPP-PPMI Mesir Periode 2013-2014.

Perlu diketahui, beberapa hari lalu tepatnya hari Rabu, 30 Oktober 2013 sejumlah oknum mahasiswa asal Mesir dari berbagai fakultas melakukan aksi demonstrasi di area kampus fakultas kedokteran.

Mereka mengutuk pemberontakan militer, serta menuntut dibebaskanya mahasiswa yang ditangkap aparat keamanan di hari sebelumnya terkait demonstrasi atas dukunganya terhadap Presiden Morsi. Dan juga menuntut Grand Syaikh Al-Azhar atas sikapnya yang mendukung Mentri Pertahanan, Abdel Fattah Sisi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun terjadi kerusakan dari struktur fisik bangunan kampus seperti kaca pecah akibat dilempari batu, dinding kotor akibat dicoret-coret menggunakan pilok, dan komputer yang dirusak.

Kegitan kerja bakti pasca demonstrasi dinilai sangat tepat bagi PPMI Mesir untuk menunjukkan sikap cinta dan kepedulian mahasiswa Indonesia terhadap kampus Al-Azhar sebagaimana tema kedua yang diusung “Mari  Kita Tunjukkan Rasa Kepemilikan dan Kepedulian Terhadap Kampus Tercinta ."

KEMBALI KE ARTIKEL