Mohon tunggu...
KOMENTAR
Lingkungan Pilihan

Pencemaran Air dan Daur Ulang Sampah

8 Februari 2019   12:14 Diperbarui: 8 Februari 2019   12:36 679 9

Sayangnya air yang cukup banyak andilnya dalam kehidupan makhluk hidup ternyata mengalami kerusakan. Fenomena yang ada dari penyebab rusaknya air karena ulah manusia. Sungguh sayang. Kalau air--air bersih tentunya-- berkurang maka akan berpengaruh global terhadap kesehatan, keseimbangan alam dan sebagainya.

Air bersih digunakan oleh makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya. Kekurangan air akan menyebabkan dehidrasi bagi mnusia dan hewan, layu dan matinya tumbuhan dan kurangnya pasokan makanan. Rantai kehidupan akan terganggu.

Selain untuk pemenuhan kebutuhan pokok, air sangat membantu berbagai kegiatan atau pekerjaan manusia seperti mandi, minum, memasak, menyirami tanaman dan sebagainya.

Yang tak kalah pentingnya air dipergunakan untuk irigasi pada lahan pertanian.Apabila tanaman kekurangan air maka proses metabolisme di dalamnya akan terganggu sehingga menyebabkan layu lalu mati.

Nyatanya meski air sangat penting bagi makhluk hidup, pencemaran air tidak terelakkan. Pencemaran air--baik pencemaran air laut, pencemaran air tanah, air sungai, dan air danau--adalah masuknya komponen--unsur, energi, dan zat lainnya--yang bercampur dengan air sehingga menurunkan kualitas air.

Kualitas air dapat dilihat berdasarkan indikator seperti warna air, bau, rasa, dan kekeruhan. Selain itu parameter yang diamati adalah pH, zat organik dan jumlah logam berat dalam air. Dapat juga dilihat dari kandungan bakteri dalam air. Hal ini bisa diamati melalui cek laboratorium untuk melihat jumlah coliform, puristik, dan patogenik yang ada di air.

Kerusakan yang terjadi dalam air berasal dari limbah rumah tangga seperti air sabun dan sampah yang banyak dibuang secara sembarangan di sungai; limbah industri dari pabrik yang langsung dibuang ke sungai; limbah pertanian akibat penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang digunakan untuk memelihara tanaman; pemotongan hewan baik itu ayam, bebek, sapi maupun kambing dimana darah dan kotoran dari penyembelihan hewan tersebut dibuang ke sungai atau dibuang sembarangan; penggundulan hutan; pertambangan.

Air yang mengalami perubahan sifat maka sudah tidak layak lagi dipergunakan dalam keseharian kita. Dampaknya ekosistem di perairan menjadi tidak seimbang. Spesies ikan dan biota lain yang ada di lingkungan perairan punah. 

KEMBALI KE ARTIKEL