Mohon tunggu...
KOMENTAR
Bola Pilihan

Indonesia di Piala AFF 2021, Kuncinya Lawan Malaysia

21 September 2021   17:33 Diperbarui: 21 September 2021   17:36 427 12

Pembagian grup Piala AFF 2021 telah dilaksanakan. Indonesia ada di grup B bersama Laos, Kamboja, Vietnam, dan Malaysia. Sementara di grup A ada Thailand, Filipina, Singapura, Myanmar, dan Brunei atau Timor Leste.

Piala AFF 2021 akan dilaksanakan pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Jadwal laga Indonesia adalah melawan Kamboja pada 9 Desember, lawan Laos pada 12 Desember. Kemudian lawan Vietnam pada 15 Desember, dan lawan Malaysia pada 19 Desember.

Dari grup B, jika Indonesia mau maju ke semifinal, maka laga melawan Malaysia menjadi kunci. Diketahui, dua tim teratas tiap grup akan lolos ke semifinal.

Kenapa lawan Malaysia menjadi kunci? Sebab melawan Vietnam harus realistis bahwa kita kalah kelas. Ya tentu masih ada yang namanya keberuntungan. Tapi, sepak bola Vietnam sudah maju.

Vietnam adalah juara bertahan AFF dan mereka mampu lolos ke babak akhir kualifikasi Piala Dunia 2022. Vietnam juga menjadi tim pertama dari Asia Tenggara yang lolos ke Piala Asia 2023.

Maka, saya pikir tak usah pikir laga lawan Vietnam. Kemudian, laga lawan Kamboja dan Laos harusnya juga tak perlu dipikir. Sebab, Indonesia harusnya bisa menang di dua laga itu. Jika sampai gagal menang di dua laga itu, ya sudah, Indonesia pulang kampung saja.

Dengan gambaran tersebut, saya menduga bahwa satu tiket semifinal di grup B sudah jadi milik Vietnam. Sekarang tinggal bagaimana satu tiket sisa bisa kita dapatkan.

Caranya, tentu saja mengganjal Malaysia. Jika menilik dari laga terakhir di level senior, maka Malaysia lebih baik daripada Indonesia. Dalam dua laga kualifikasi Piala Dunia 2022, Malaysia selalu bisa mengalahkan Indonesia.

Namun  itu adalah potret tahun 2019. Indonesia kini telah memiliki pelatih baru yakni Shin Tae yong. Ya tentu saja harapannya  Indonesia jauh lebih baik.

Mungkin saja, di tangan Shin Tae yong, wajah Timnas Indonesia akan sangat berubah dibandingkan kala kualifikasi Piala Dunia 2022 dua tahun lalu saat kalah dari Malaysia. Bisa saja, skuat Indonesia diisi para pemain muda dan baru yang bisa mengagetkan Malaysia.

Faktor Shin Tae yong jadi salah satu harapan Indonesia bisa mengalahkan Malaysia. Harapan lainnya, saya pikir permainan Malaysia tak beda jauh dengan Indonesia.

Dari banyak rekam jejak pertemuan kedua negara, sering saling mengalahkan. Fenomena itu memberi harapan bahwa Indonesia bisa mengalahkan Malaysia.

 Yang juga menguntungkan bagi Indonesia adalah, Malaysia akan lebih dahulu bertemu Vietnam. Artinya hasil dari laga itu, bisa menguntungkan Indonesia secara psikologis.

Tentu harapannya Indonesia bisa lolos ke semifinal. Jika sudah lolos ke semifinal, situasinya akan berbeda. Tak ada lagi tim unggulan. Faktor mental juara akan jauh lebih berpengaruh. Ya harapannya  di bawah kepelatihan Shin Tae yong, mental juara para pemain terpupuk.

Ini kesempatan kesekian kalinya bagi Indonesia untuk unjuk gigi. Sebab, Indonesia belum pernah jadi juara Piala AFF. Capaian terbaik Indonesia adalah lima kali jadi runner up. Selamat berjuang Garudaku.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan