Mohon tunggu...
KOMENTAR
Bola Pilihan

Philippe Coutinho Harus Bertahan di Barcelona

12 Juni 2019   15:39 Diperbarui: 16 Juli 2019   04:58 63 2

Bursa transfer musim panas 2019 sudah terbuka. beberapa pemain dunia sudah berganti kostum demi membela klub yang berbeda. Dua nama yang sudah menyita perhatian publik penikmat sepakbola adalah Eden Hazard dan Luka Jovic. Dua pemain yang sama-sama moncer di Liga Europa musim 2018/19 ini telah resmi menjadi pemain baru di Real Madrid.

Rumor perpindahan pemain tentunya akan terus berhembus kencang. Tidak hanya di La Liga, namun juga di Premier League, Serie A, dan liga-liga lainnya. Sementara waktu ini, kita akan menunggu penuntasan saga transfer pemain yang terus berhembus kencang seperti Antoine Griezmann, Mauro Icardi, hingga Paul Pogba.

Ketiga pemain ini sudah diisukan akan hengkang dari klubnya masing-masing. Bahkan, untuk Antoine Griezmann, rumor kepindahannya dari Atletico Madrid sudah mewarnai pemberitaan sejak bursa transfer musim panas lalu. Ketertarikan Barcelona disebut-sebut selalu ada pada Griezmann apalagi selepas Griezmann membawa Prancis juara di Piala Dunia 2018. Meski demikian, si pemain masih bertahan hingga musim 2018/19 berakhir.

Kini, ketika bursa transfer kembali dibuka, maka nama Griezmann kembali mengisi pemberitaan dalam topik transfer pemain. Lagi-lagi namanya dikaitkan dengan Barcelona. Namun, jika Griezmann benar-benar merapat ke Camp Nou, bagaimana dengan pemain-pemain lainnya?

Salah satu pemain yang akan merasakan dampak kehadiran Griezmann di Camp Nou -jika ini terealisasi- adalah Phillipe Countinho. Pemain asal Brazil ini adalah pemain yang awalnya digadang-gadang akan membentuk trio maut bersama Luis Suarez dan Lionel Messi. Namun, masa adaptasinya di musim pertama sepertinya kurang berjalan bagus bagi eks Liverpool ini.

Bahkan, ketika mantan klubnya sukses menjadi juara Liga Champions, namanya pun dicatut di pemberitaan tentang Liverpool yang semakin menenggelamkan nama Coutinho. Cukup tragis, namun ini bukanlah akhir bagi Coutinho. Seharusnya memang demikian, karena secara usia, Coutinho masih dapat produktif dan dapat berpeluang kembali menunjukkan kualitasnya.

Sehingga, satu-satunya cara terbaik bagi Coutinho untuk menyelamatkan karirnya adalah tetap berada di Barcelona. Mengapa?

Pertama, karena musim lalu adalah musim pertama Coutinho di Barcelona. Artinya, Coutinho harus beradaptasi. Khususnya beradaptasi dengan permainan Barcelona yang tidak akan segera menonjolkan nama Coutinho. Hal ini lumrah, karena di sana masih ada eks rekannya di Liverpool, Luis Suarez. Ada pemain tengah yang terus berupaya tetap menjadi pilihan utama, seperti Ivan Rakitic dan Arthur Melo. Lalu di sayap ada pemain yang mulai digadang-gadang akan menjadi pilar penting bagi Barcelona, yaitu Ousmane Dembele. Terakhir, ada nama Lionel Messi, yang tentunya masih menjadi tokoh utama di klub raksasa Catalan itu.

KEMBALI KE ARTIKEL