Klaten – 2025, Aulia Akbar Pahlevi merupakan salah satu mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang berasal dari prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, mewujudkan Bhakti Akademisi dengan membuat karya media pembelajaran interaktif siklus air untuk siswa kelas V SD Negeri 1 Soropaten. Sebagaimana yang kita ketahui, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di sekolah dasar memerlukan pendekatan yang kontekstual dan menarik bagi siswa. Salah satu materi yang terlihat abstrak di penglihatan siswa adalah siklus air, karena melibatkan proses ilmiah yang tidak selalu tampak secara langsung pada kehidupan sehari-hari. Menurut teori perkembangan kognitif yang disampaikan oleh Jean Piaget, siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional konkret (usia 7-11 tahun). Pada tahap operasional konkret ini, siswa baru mampu memahami konsep dengan baik apabila telah diberikan pengalaman nyata yang mendekatkan materi abstrak dengan realitas sehari-hari. Oleh karena itu, pembelajaran tentang siklus air sebaiknya tidak hanya disampaikan melalui metode ceramah, melainkan penyampaian pembelajaran didukung dengan media interaktif yang mampu menghadirkan gambaran nyata mengenai proses siklus air mulai dari evaporasi, transpirasi, kondensasi, presipitasi, hingga infiltrasi.
KEMBALI KE ARTIKEL