Mohon tunggu...
KOMENTAR
Gaya Hidup

Tips Mengatur Pencahayaan Pada Ruang Keluarga

17 Agustus 2015   00:29 Diperbarui: 17 Agustus 2015   00:29 379 3

Ruang Keluarga merupakan ruangan yang biasa digunakan oleh seluruh anggota keluarga untuk berkumpul, bercengkerama, bercanda, dan bersantai. Di ruang ini pula seringkali banyak aktivitas yang dilakukan. Sehingga tak salah jika ruangan ini membutuhkan pencahayaan yang lebih untuk mendukung berbagai kegiatan relaksasi yang dilakukan. Tak seperti ruangan lainnya, ruang keluarga keluarga lebih banyak membutuhkan pencahayaan umum untuk menerangi seluruh ruangan. Namun di satu sisi, ruangan ini memerlukan juga pencahayaan khusus guna mendukung aktivitas khusus di dalamnya, seperti membaca buku, saat melakukan permainan bersama, dan aktivitas lain yang masih dalam kategori aktivitas khusus. Selain itu, di ruangan ini terdapat juga benda-benda dekorasi yang turut menghiasi ruangan ini. Di mana keberadaannya tak boleh di anak tirikan atau dengan kata lain harus juga mendapatkan perhatian, termasuk hadirnya cahaya. Pencahayaan yang di pasang bertujuan untuk menerangi kehadiran benda-benda dekorasi, misalnya seperti foto-foto keluarga atau berbagai lukisan yang tergantung di dinding rumah. Sedangkan hal yang ingin dicapai adalah untuk menciptakan kesan ruangan lebih menarik dan indah. Namun perlu di ingat, untuk menghasilkan ruang keluarga yang indah dan menarik terlebih dahulu harus melewati perencanaan yang matang. Baik itu dengan memanfaatkan jasa para Arsitek atau mengikuti imajinasi yang anda ciptakan sendiri. Selain itu, bisa juga dengan mengikuti tips-tips yang anda temukan ketika berkunjung ke toko buku, ketika melihat gambar desain ruangan idaman di berbagai majalah, atau saat sedang berkunjung ke dunia maya mencari gambar ruangan yang idamkan. Ngomongin soal tips, kali ini saya akan mencoba menuliskan beberapa tips yang mungkin saja dapat bermanfaat bagi anda, khususnya bagi yang ingin menghadirkan kesan menarik dan indah dalam ruang keluarga idaman anda. Adapun tips yang akan saya bagikan, yakni sebagai berikut :

  1. Untuk menciptakan ruangan yang nyaman, pastikan seluruh sudut ruangan terang. Jangan lupa untuk menambahkan standing lamp di sudut ruang yang gelap atau di belakang pot tanaman bagi yang ingin lebih menonjolkan keindahan tanaman tersebut.
  2. Agar pencahayaan umum di ruang keluarga lebih nyaman, pilihlah rumah lampu yang melembutkan serta menyebarkan cahaya dengan lebih merata.
  3. Beri pencahayaan dekoratif pada ruang keluarga dengan memasang lampu dinding. Agar tidak menyilaukan, pastikan ketinggian lampu dinding tersebut sedikit lebih tinggi dari pandangan mata.
  4. Untuk koleksi foto keluarga atau lukisan yang dipajang di dinding, dapat tampil lebih menonjol dengan cara memasang lampu sorot pada plafon yang cahayanya di arahkan ke foto atau lukisan tersebut.
  5. Jika anda termasuk orang yang hobi membaca, jangan lupa untuk memasang lampu baca. Namun jangan lupa juga untuk memperhatikan posisi peletakannya. Usahakan arah cahaya lampu baca bebas dari benda apa pun yang dapat menciptakan bayangan.

KEMBALI KE ARTIKEL