Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Membuka Pintu Kemerdekaan Belajar: Menentang Paradigma Pendidikan

1 Februari 2024   15:53 Diperbarui: 1 Februari 2024   16:02 65 1
Pendidikan saat ini telah mengalami evolusi yang signifikan, dan perhatian yang semakin meningkat terhadap kemerdekaan belajar bagi peserta didik menjadi salah satu aspek utama dalam perubahan paradigma tersebut. Kemerdekaan belajar bukan lagi sekadar konsep, melainkan sebuah transformasi dalam pendekatan pembelajaran, memberikan kekuasaan kepada peserta didik untuk menggali dan mengembangkan potensi mereka secara lebih mandiri. Di era teknologi informasi yang maju, peserta didik kini menikmati akses tanpa batas ke berbagai sumber belajar. Internet menjadi gudang pengetahuan tak terbatas yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja, menjadikan kemerdekaan belajar bukan hanya mimpi, tetapi suatu realitas yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Paradigma baru pendidikan saat ini menitikberatkan pada pembelajaran berbasis kreativitas. Peserta didik tidak hanya diminta untuk memahami konsep-konsep, tetapi juga dibebaskan untuk menjelajahi ide-ide baru, mengembangkan pemikiran kritis, dan menemukan solusi inovatif. Guru bukan lagi satu-satunya sumber pengetahuan; mereka berperan sebagai fasilitator yang membimbing peserta didik dalam perjalanan eksplorasi mereka.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun