Mohon tunggu...
KOMENTAR
Catatan

Seks Menurut Remy Sylado yang Aku Banget

10 November 2014   15:54 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:10 380 0
Kita akan membahas soal seks berdasarkan sebuah teks yang tersedia di novel teranyar Remy Sylado, Perempuan Bernama Arjuna 1 dan 2. Bagi saya, mungkin juga Anda, ini bahasan menarik. Sebab seks berkaitan sangat erat dengan naluriah manusia. Seks itu universal yang menjadi bagian dari mahkluk berkelamin di belahan dunia mana pun. Apalagi dasarnya adalah teks novel Remy Sylado—yang terkadang “nakal” bicara soal yang satu ini.

Sedari halaman awal kita disuguhi penggambaran seorang tokoh dosen teologi dari ordo Jesuit bernama Jan Claude van Damme—“yang kelihatannya kebanci-bancian tapi ternyata seorang koboi heunceut yang liar di atas ranjang.” (hlm. 10). Dan “korban kecanduan” ulah si pastor Jesuit itu adalah mahasiswinya asal Indonesia berdarah Tionghoa-Jawa, Kristen-Islam: si Arjuna.

Dari teks itu saja, kita tahu, Remy sedang mendobrak kesadaran. Ordo Jesuit dalam kesadaran umum orang adalah para biarawan Katolik yang cendikiawan. Tapi di teks itu jelas tergambarkan mereka “diam-diam” golongan lelaki yang matanya ke “ranjang” juga. Remy tidak serta merta sedang menyerang agama dan praktik beragama, lebih tepat, ia sedang memaparkan tentang kontradiksi. Yang barangkali kontradiksi itu senyatanya ada, mungkin ada, atau semata “imajinasi”. Pemaparan-pemaparan Kontradiksi-kontradiksi inilah yang saya sebut sebagai “kenakalan” Remy Sylado. Dengan kenakalan pemaparan kontradiksi antara kenyataan fakta dan fiksi itu Remy mendudukan seksualitas sebagai hal yang kodrati dan manusiawi.

Di sinilah menariknya pemikiran Remy Sylado mengenai seks. Ia tidak sedang picisan menggambarkan seks semata imajinasi jorok sebagaimana umum ditawarkan film softcore. Atau imajinasi sarkasme dalam film-film dewasa hardcore. Remy mengajak pembacanya untuk menyingkap tabut-tabut kusut dalam pemikiran manusia mengenai seks. Bahwa seks bukan dipandang sebagai yang sakral atau profan, tapi sebagai bagian dari pengetahuan. Seks yang dipahami dengan akal sehat dan rasa etika.

Seks Sebagai Akal Sehat

Pemahaman seksual ala Barat, dalam pandangan Remy, adalah sesuatu yang bebas nilai dan scientific. Sebagai bagian pengetahuan, seks dipelajari, diteliti, disimpulkan dari hal pertama yang bersifat fisik. Kita tahu ini dari ungkapan Arjuna di novel Perempuan Bernama Arjuna halaman :

“Dari pengetahuan tentang piranti seks yang sudah menyatu dalam tubuh saya selama 25 tahun – walaupun saya sering waswas kalau-kalau sperma kekasih mukim lama-lama di rahim saya sampai menjadi janin – saya tetap merasa asyik membahas kelamin saya ini dari ilmu biologi. Resminya secara kebahasaan, vagina adalah sebuah katabenda, nyaris seperti imajinasi sebuah lubang belut di tanah persawahan, yang didesain demikian rupa oleh sang maha kuasa, sebagai saluran kelamin yang pangkalnya berada di leher rahim dan bermuara di vulva. Saluran ini panjangnya sekitar 7 cm. Di ujung luar lubang ada selaput yang disebut hymen, yang biasa sobek dan mengeluarkan darah ketika pertama kali dimasuki oleh sejenis benda ajaib mirip belut zonder mata tapi pintar. Hymen itu hanya ada dalam sejarah manusia. Kera dan monyet pun yang dibatasi oleh missing link menurut Charles Darwin3, tidak memiliki hymen.” (hlm. 9)

Hymen yang dialihbahasakan ke Indonesia menjadi “selaput dara” adalah bagian dari pengetahuan Barat—yang sebegitu detil mempelajari anatomi manusia lantas membandingkannya dengan anatomi primata terdekat, monyet. Di sini, di Indonesia, selaput tipis itu menjadi bagian dari mitos keperawanan yang sakral. Yang bisa saja sobek oleh pelbagai hal di luar penyatuan lingga dan yoni.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun