Mohon tunggu...
KOMENTAR
Keamanan

Gatotkaca, Wahana Udara Pengintai Nir-awak

4 Maret 2011   02:18 Diperbarui: 26 Juni 2015   08:05 869 1

by Ir. Ade Muhammad, M.Han http://indonesiadefenseanalysis.blogspot.com/ Abstract The paper presents a concept of the application of balloon based vehicle to become surveillance and radar early warning system, submarine hunting for the national security purposes. The design is format of rhomboidal balloon box with dome shape gondola under and disc radome above, with ducted fan in the right and left tip also additional ducted fan in the tail section. The helium gas is the prime option of fillings the balloon, but hydrogen gas also the secondary optional because it’s lower cost. With the additional four cylinders ballonet on each sides of the prime rhomboidal balloon box to enhanced the manoeuvrability, with dynamic gas filling system. The type of this platform is a rigid airship, with outer shell by a composites radar absorbed material and flexible strength ballonet inside. Abstrak Paper ini memberikan konsep dari aplikasi wahana berbasis balon udara untuk dijadikan pengintai, radar peringatan dini, pemburu kapal selam untuk kepentingan keamanan nasional. Format dari desain adalah balon belah ketupat dengan gondola parabolic terbalik dibawah dan kubah pipih diatasnya, dengan mesin ducted fan dikanan kiri dan depan belakang wahana. Gas Helium adalah pilihan utama dari balonet, namun gas Hidrogen juga menjadi pilihan lain yang lebih murah. Dengan tambahan empat silinder balonet pada tiap tiap sisi balonet utama, untuk meningkatkan manuver dengan sistim pengisian gas dinamik. 1. Pendahuluan Bajak Laut Selat Malaka telah menempatkan Indonesia pada urutan 1 selama beberapa tahun terakhir, sebelum Somalia mengambil alih pada tahun 2008 (International Maritime Bureau – Piracy Reporting Center 2008). Masalah perbatasan yang sangat panjang sekitar 2914,1 km, dimana terdapat 10 negara yang berbatasan laut dan 3 negara yang berbatasan darat (Reformasi Sistem Manajemen Perbatasan Indonesia - Dephan) dan harus diawasi serta masalah lingkungan seperti kebakaran hutan yang pada kurun 1997-98 saja, diestimasikan sekitar 10 juta hektar lahan yang rusak atau terbakar, dengan kerugian untuk Indonesia terhitung 3 milyar dollar Amerika. Kejadian ini sekaligus melepaskan emisi gas rumah kaca (GRK) sebanyak 0,81-2,57 Gigaton karbon (WWF-Indonesia), penggundulan hutan yang sangat liar dan meluas, ini semua membutuhkan wahana untuk dapat mendeteksi sedini mungkin dan melakukan respon seketika sebelum menjadi masalah yang berlarut. Paper ini akan memperlihatkan bagaimana mencari solusi dengan melakukan langkah langkah sistimatika inovasi teknologi. Yang akan menghasilkan sebuah solusi konseptual. 2. Latar Belakang Apakah mungkin didapatkan wahana intai yang dapat; berjalan lamban dan mengapung diudara, beroperasi pada ketinggian stratosfer dan troposfer yang mempunyai waktu intai yang cukup lama dan harga yang terjangkau? Tren Doktrin Dunia adalah Superioritas Udara (AIR-TO-AIR FORCE’S DOCTRINE AND TRAINING FOR AN AIR OCCUPATION 1997 –The Research Department US Air Command and Staff College), yaitu mencapai penguasaan penuh pada wilayah udara terlebih dulu, sebelum penguasaan pada wilayah perairan dan daratan. Dimana kemampuan awalnya adalah Superioritas pada kemampuan intai strategisnya. Artinya bukan hanya mengandalkan radar serta sensor di permukaan saja, namun juga pada radar, sensor dan optik elektronik yang bisa beroperasi di udara dan ketinggian optimum. Disisi lain, ada sebuah fenomena wahana balon udara berpendorong yang dikenal sejak 1930-an. Graaf Zeppelin adalah salah satu pelopornya, dengan wahana Hindenburg. Sejak saat itu wahana balon udara berpendorong ini menjadi fenomena tersendiri, apalagi ketika GoodYear memproduksi serial balon udara nya sendiri untuk kepentingan iklan. Wahana ini dikenal juga dengan sebutan “BLIMP” (US War Department, Airship Aerodynamics: Technical Manual, (1941) 2003). Paper ini akan mengaplikasi fungsi dari Pengintai tak Berawak pada Wahana “Blimp” ini dan berikut adalah langkah langkahnya. 3. Analisis Konseptual 3.1 Kebutuhan Sebuah wahana yang dapat terbang lamban, melayang di udara dalam jelajah jangka waktu seminggu sampai 10 hari di ketinggian antara stratosfer dan troposfer dan dapat melakukan kegiatan intai elektronika serta optic-elektronika serta nir-awak yang dapat dikendalikan dari jarak jauh dalam cuaca berangkat dan kembali yang tenang. 3.2 Konteks Syst. On Influence Wider SOI Environment Environment Direct control            direct influence                      indirect influence     macro Env System personnel      logistic, support                     policy, strategy         political decision Skenario Skenario Normal Perkembangan Pengecualian Operation Intai Angkasa rutin Intai Angkasa khusus Intai – jarak terlalu jauh dan butuh waktu cepat Threats actors Bajak Laut, Penyelundup, Gerilyawan, Kerusakan Hutan. Objek Angkasa tak-Dikenal Pesawat Tempur, Peluru Kendali, Deteksi Kapal Selam, Pergerakan Pasukan Obyek Tempur tak-terdeteksi (Teknologi Siluman) Take-off/Landing Situation Cuaca Tenang Cuaca Buruk Badai dan Angin Topan Routes Pangkalan – Rute rutin – Pangkalan Pangkalan – Rute rutin – Rute tambahan - Pangkalan Pangkalan – Rute Jelajah – Pangkalan Aju – Rute Baru – Pangkalan Aju – Rute Jelajah kembali – Pangkalan Control  coverage Line Of Sightdan Relay Satelite Satelite Relay – Kontrol Mobil Kendali otomatik ketika hilang control Protection Pasif – Tipuan elektronika Aktif – menembakkan kanon dan memanggil pesawat tempur untuk menghalau pesawat tempur musuh Lemah pada serangan pesawat tempur berteknologi siluman Situation Role Pasca Konflik / Damai Deteksi Radar permukaan / udara, pengintaian optik-elektronik Awal Konflik / Konflik (+) Deteksi sonar untuk kapal selam, pertahanan aktif terbatas, RelayTelekomunikasi, Konflik Berat (+) modifikasi untuk tugas tugas khusus sepertiJammingTelekomunikasi / Elektronika 3.3 Kemampuan yang diharapkan Mampu melakukan jelajah dengan kecepatan maksimum 200 km/jam pada ketinggian maksimum 10,000 m dengan jarak operasi 1,000 km mempunyai bobot maksimal 1 ton kemampuan deteksi radar 200,000 km², sonar deteksi kapal selam dan 100,000 km² cakupan pengamatan visual per hari, serta kemampuan  operasional setidaknya 7 hari non-stop. 3.4 Permintaan Desain Sistim 3.4.1  Sistim Apung Udara Tabel Helium (Balloon Lift with Lighter than Air Gasses) Lift of Helium Balloons Dia. Ft.  Vol. l            Lift gr.           Lift Lbs. 1      14.83                  15.2                    0.03 2       118.62               121.7                  0.27 3       400.34               410.9                  0.91 4       948.96               973.9                  2.15 5       1853.45             1902.2               4.19 6       3202.76             3287.0               7.25 7       5085.86             5219.7               11.51 8       7591.72             7791.5               17.18 9       10809.30           11093.7             24.46 10     14827.58           15217.7             33.55 11     19735.50           20254.8             44.65 12     25622.05           26296.2             57.97 13     32576.18           33433.3             73.71 14     40686.87           41757.4             92.06 15     50043.07           51359.8            113.23 16     60733.75           62331.8             137.42 17     72847.88           74764.7             164.83 18     86474.42           88749.8             195.66 19     101702.34        104378              230.12 20     118620.61        121741              268.40 21     137318.18        140931              310.70 22     157884.03        162038              357.24 23     180407.11        185154              408.20 24     204976.41        210369              463.79 Sehingga rasio daya angkat 1 gr = V He / berat beban terangkat                       (1) = 14.83 / 15.2 = 0.9756579 ltr Helium        (1) Tabel Hidrogen (Balloon Lift with Lighter than Air Gasses)

 
Dia. Ft. Vol. l              Lift gr.           Lift Lbs.
 
   1       14.83                  16.5                   0.04 
   2       118.62                132.3                 0.29 
   3       400.34                446.4                 0.98 
   4       948.96                1058.1               2.33 
   5       1853.45              2066.6               4.56 
   6       3202.76              3571.1               7.87 
   7       5085.86              5670.8               12.50 
   8       7591.72              8464.8               18.66 
   9       10809.30           12052.5            26.57 
  10     14827.58           16532.9            36.45 
  11     19735.50           22005.3            48.51 
  12     25622.05           28568.8            62.98 
  13     32576.18           36322.7            80.08 
  14     40686.87           45366.2            100.02 
  15     50043.07           55798.5            123.02 
  16     60733.75           67718.7            149.29 
  17     72847.88           81226.0            179.07 
  18     86474.42           96419.8            212.57 
  19     101702.3           113399.0          250.00 
  20     118620.6           132263.0          291.59 
  21     137318.2           153111.0          337.55 
  22     157884.0           176042.1          388.11 
  23     180407.1           201155.5          443.47 
  24     204976.4           228550.5          503.87

KEMBALI KE ARTIKEL