Kandidat

Hanya Jokowi yang Berani dan Mau Datangi Tempat-tempat Terpencil dan Terasing di Indonesia

6 September 2018   14:46 Diperbarui: 6 September 2018   14:51 408 0 0
Hanya Jokowi yang Berani dan Mau Datangi Tempat-tempat Terpencil dan Terasing di Indonesia
ilustrasi ll dokpri

Presiden Joko Widodo selama ini dikenal sebagai sosok yang menekankan kerja nyata dibandingkan banyak berbicara. Dia juga merupakan Presiden RI yang paling rajin mengunjungi setiap pelosok Indonesia, termasuk daerang-daerah terpencil dan tertinggal.

Sebagai seorang pemimpin, Jokowi sepetinya memiliki keyakinan bahwa menyapa langsung rakyatnya akan mendorong pada aspek penyelesaian masalah. Oleh karena itu, dia pun tak segan untuk bergaul dengan masyarakat biasa.

Dengan tampangnya yang 'Ndeso', dia justru dikenal masyarakat sebagai Presiden yang bisa bergaul dengan kalangan siapapun. Mereka yang pernah bertemu dengan Presiden Jokowi pasti akan merasakan sosok Jokowi sebagai pemimpin yang sederhana, rendah hati dan tulus bekerja melayani rakyatnya.  

Hal itu pun dibuktikan dengan banyaknya  aktivitas 'turun lapangan' yang telah dilakukan di seantero negeri. Dari titik nol km di Aceh, hingga ujung Papua pernah didatangi oleh Presiden Jokowi. Bahkan, terhadap wilayah-wilayah yang dihuni oleh suku terasing.

Joko Widodo adalah presiden pertama yang berhasil menjalin komunikasi langsung dengan Suku Anak Dalam. Pada Oktober 2015 lalu, Presiden Jokowi bertemu dengan Suku Anak Dalam di pedalaman Jambi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi duduk bersama dan berdiskusi secara langsung dengan anggota suku Anak Dalam. Hal itu dilakukan untuk mendengar aspirasi dan melihat kondisi suku terasing yang ada di Indonesia.

Tak hanya itu, Jokowi juga menjadi presiden pertama yang mendatangi zona merah di Papua tanpa rasa takut. Kota Kenyam yang terletak di Kabupaten Nduga, Papua, merupakan daerah yang diberi label zona merah karena daerah ini sangat rawan dari segi keamanan.

Kelompok separatis sering beroperasi di daerah itu, mulai dari menculik dan menyandera beberapa orang. Namun, tanpa rasa takut sedikit pun, Presiden bersikeras untuk mengunjungi daerah itu. Kunjungan Presiden Jokowi ini dimaksudkan untuk meninjau pembangunan Jalur Wamena-Mumugu.

Kemudian, Joko Widodo juga merupakan presiden pertama yang datang ke Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Agenda Presiden di sana adalah untuk meresmikan kawasan industri Buluminung.

Selain itu, kegiatan ini menunjukan kepedulian presiden pada daerah-daerah yang belum dijamah oleh pemerintahan sebelumnya. Presiden Jokowi ingin bahwa setiap rakyat bisa merasakan sentuhan pembangunan dan batin pemimpin di daerahnya masing-masing.

Berikutnya, Jokowi adalah juga presiden pertama yang mengunjungi kilometer 0 Indonesia yang terletak di Aceh. Daerah paling barat di Indonesia ini didatangi dalam rangka pengukuhan gerakan "Ayo Kerja" dari Sabang sampai Merauke, juga menjadi slogan HUT RI yang ke 70.

Seluruh kunjungan Presiden Jokowi tersebut dimaksudkan sebagai upaya meninjau seluruh wilayah Indonesia, sehingga pembangunan juga bisa didorong sesuai paradigma 'Indonesia-sentris'.

Publik sendiri menilai bahwa upaya Presiden Jokowi untuk mengenali setiap daerah dan masyarakat di Indonesia ini patut diapresiasi. Sebab, kita benar-benar merindukan sosok pemimpin yang mau bekerja nyata dan turun ke lapangan.