Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aviation Enthusiast | Aerophile | Responsible Traveler

Penggemar pesawat berbagai jenis dan pengoperasiannya serta perkembangannya melalui membaca. Airport of Birth : HLP Current Airport : DPS

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Pilih Mana, Harga Tiket Murah atau Penyesuaian Batas Tarif Tiket?

5 November 2023   02:52 Diperbarui: 12 November 2023   13:33 689
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi penerbangan, tiket pesawat.(SHUTTERSTOCK/ANDREW ANGELOV)

Tarif Batas Atas tiket pesawat dikabarkan akan ada penyesuaian, khususnya di beberapa daerah.

Kita sebagai pelaku perjalanan kerap membicarakan harga tiket pesawat saat mencari tiket murah ketika hendak melakukan perjalanan, sudah tentu kita semua akan mencari harga tiket yang murah.

Apa yang menjadi tolak ukur dari harga tiket yang murah itu?

Jika dahulu para maskapai nasional maupun swasta masih menerapkan sub class maka sangat mudah bagi kita membedakan mana tiket mahal dan murah, namun kini penerapan sub class tidak diterapkan lagi sehingga hanya ada satu harga pada kelas ekonomi.

Satu satu barometer yang dapat kita gunakan adalah tarif batas bawah dan batas atas yang ditetapkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan khususnya untuk kelas ekonomi.

Apakah dengan penerapan TBB dan TBA harga tiket pesawat dapat kita menemukan harga tiket yang murah?

Jawabannya tidak pada TBBnya namun pada maskapainya karena pertanyaan selanjutnya adalah apakah semua dan setiap waktu maskapai akan memasang harga tiket pada tarif TBB?

Bagi maskapai, penetapan harga mungkin tidak harus pada TBB karena selama harga masih di antara TBB dengan TBA maka mereka tidak menyalahi aturan, namun hal ini sebenarnya membuat harga tiket pesawat secara tidak langsung masih ditangan maskapai bukan mekanisme/hukum pasar.

Ilustrasinya seperti ini, TBB untuk rute HLP kr SUB adalah Rp478,000 sedangkan TBAnya Rp1,366,000, sekarang kita bisa cek berapa harga tiket yang dipatok oleh semua maskapai untuk keberangkatan esok hari, apakah mudah mendapatkan harga Rp500,000?

Secara nalar dan normal, setiap ada harga yang tinggi maka akan ada tuntutan akan pelayanan yang tinggi juga, artinya tidak ada keterlambatan, tidak ada AC yang mati dan lain-lain. Dengan kata lain apabila maskapai menerapkan harga di atas TBB maka seharusnya pelayanannya juga di atas batas bawah, namun karena tidak ada batas bawah pelayanan maka tidak ada patokan pula bagi maskapai untuk menyesuaikan layanan dengan harga yang mereka patok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun