Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aviation and Aerospace

We tend to make things simpler as we get older.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Struktur Kekuatan Udara Amerika di Pasifik dan Ancamannnya

17 Agustus 2022   20:07 Diperbarui: 17 Agustus 2022   20:08 168 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Pesawat Tempur (pixabay.com)

Negara adiidaya Amerika memiliki banyak kepentingan di beberapa kawasan dunia, selain itu perjanjian perjanjian yang berupa aliansi militer membuat Amerka menempatkan personnel dan arsenal militernnya di kawasan kawasan di dunia.

Salah satu kawasan tersebut adalah kawasan Indo Pacific yang dalam struktur militer Amerika merupakan tanggung jawab dari Komando bernama United States Indo-Pacific Command,  cakupan diimulai dari pesisir barat Amerika termasuk Alaska hingga pesisir timur benua Asia dan mempresentasikan sekitar 52% dari total luas bumi ini sehingga menjadikan komando utama ini paling luas dan berat dari komando utama lain yang berada diluar Amerika.

Komando United States Indo-Pacific Command ini bermarkas di Camp H.M Smith di pulau Oahu Hawaii serta membawahi beberapan komando dan satuan dari Angkatan Laut, Udara dan Marinir Amerika.

Pada kekuatan udara, Komando utama ini membawahi komando utama di struktur Angkatan Udara Amerika yaitu Pacific Air Force (PACAF) yang bermarkas di Joint Base Pearl Harbor--Hickam di pulau Oahu Hawaii, pangkalan ini sebelumnya bernama Hickam Air Force Base namun menjadi pangkalan gabungan AL dan AU Amerika pada tahun 2010.

Salah satu kekuatan udara pada komando utama militer Amerika ini adalah Pacific Air Force yang merupakan satu dari dua komando utama dari Angkatan Udara Amerika yang ditempatkan di luar Amerika, komando satunya membawahi kawasan Eropa dan Afrika yang berpangkalan di Jerman.

PACAF terdiri dari beberapa kekuatan udara yang meliputi berbagai jenis pesawat mulai dari pesawat tanker, helikopter multi peran hingga pesawat tempur serta memiliki personnel sekitar 45.000 tentara.

Komando utama ini membawahi tiga komando operasi Angkatan Udara Amerika di kawasan Indo Pacific yaitu : 

Fifth Air Force
Komando Operasi Angkatan Udara AS ini memiliki tugas untuk menjaga keamanan udara di Jepang, me respon perkembangan kawasan serta meningkatkan aliansi militer antara Jepang dan Amerika, komando operasi ini berpangkalan di pangkalan Angkatan Udara Yokota Jepang.

Komando operasi ini membawahi bebeapa satuan wing udara yang berpangkalan di tiga pangkalan udara lainnya di Jepang yaitu pangkalan AU Kadena di Okinawa, Misawa dan Yokota dengan kekuatan udara berupa pesawat Tanker Boeing KC-135 Stratotanker, pesawat AWACS (Airborne Warning and Control System) Boeing E-3 Sentry, pesawat tempur McDonnell Douglas/ Boeing F-15 C/D, General Dynamics/ Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon, Lockheed Martin C-130 J dan helikopter Sikorsky HH-60 Pave Hawk.

Seventh Air Force
Komando operasi ini bertugas menjaga kawasan antara Korea Selatan, ini mengingat Korea Selatan adalah salah satu anggota dari sistem hub and spokes Amerika yang tercantum pada San Francisco System.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan