Mohon tunggu...
Randy Rastiya
Randy Rastiya Mohon Tunggu... -

Sports and Youth Observers

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

"Network Marketing", Wajah Baru MLM?

5 April 2018   11:23 Diperbarui: 5 April 2018   11:28 4426 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi : www.websoftinfotech.in

Pagi tadi saya mendapatkan pesan WA (whatsapp) masuk ke HP saya yang ternyata teman sewaktu saya berlatih Judo di daerah Jakarta. 

Saya sangat antusias mengingat saya sudah lama tidak berlatih karena padatnya jadwal pekerjaan serta kuliah, dan memang sudah lama saya memiliki niat untuk kembali berlatih.

Percakapan kami diawal sama seperti pada umumnya, bertanya kabar dan kegiatan yang dilakukan. Saya sangat tidak sabar untuk membahas seputar kegiatan latihan mengingat dugaan saya pada awalnya yang saya kira dia ingin mengajak saya untuk kembali berlatih.

Obrolan di WA pun terus berjalan dan sampailah dia membahas tentang dia yang memiliki project yang sedang dijalani. Sebagai teman saya ikut senang karena melalui projectnya tersebut dikatakan dia mendapat penghasilan untuk menambah uang jajan (mengingat teman saya ini masih duduk di bangku SMA).

Lalu, dia pun bersedia berbagi cerita tentang project yang dia jalani dan mengajak saya untuk bertemu. Karena ada kesibukan kuliah saya pun menolaknya dan saya meminta penjelasan project apa yang sedang dia jalankan melalui WA saja. Dia pun besedia dan memberitahu saya tentang project yang bernama Network Marketing.

Suatu istilah yang bisa dibilang asing di telinga saya. Saya pun bertanya tentang Network Marketing dan dia bercerita mulai dari bisnis ini yang didominasi anak kuliah hingga kisah seseorang yang dapat penghasilan besar dan bisa 'jajan' mobil dari penghasilan yang didapatkan.

Wow! Itu reaksi dalam hati yang saya rasakan seketika mendengarnya.

Tidak sampai disitu, dia pun mengajak saya untuk ke perusahaannya agar lebih meyakinkan saya untuk bergabung dengan project tersebut.

Disisi lain, hal ini membawa 'nostalgia' sewaktu SMA saya dulu tentang MLM yang masih segar dalam ingatan. Saya pun tak mau ber-suudzon dan mencari tahu tentang apa sebenarnya Network Marketing.

Setelah saya menelusuri, ternyata Network Marketing adalah nama lain dari Multi-Level Marketing atau yang biasa disingkat MLM.

Jujur saja, saya baru mengetahui istilah Network Marketing ini sama halnya dengan MLM, karena memang di sekitar tahun 2011 istilah trennya adalah MLM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan