Mohon tunggu...
Kognisi.id
Kognisi.id Mohon Tunggu... Administrasi - Learning Platform by Growth Center part of Kompas Gramedia

Providing a convenient, insightful, and collaborative learning experience

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Belajar Memaknai Hidup dalam Film Soul

29 April 2024   10:01 Diperbarui: 29 April 2024   10:08 431
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: blog.kognisi.id

Bayangkan jika saat impianmu sudah di depan mata, namun kamu malah berubah menjadi seekor kucing mungil dengan bulu-bulu oren. Hal itulah yang dihadapi Joe Gardner dalam Film Soul yang justru semakin bersemangat mengejar mimpinya. Walaupun banyak hal yang terjadi secara mendadak dan menguji perjuangannya. 

Film yang rilis pada tahun 2020 ini mengisahkan Joe sebagai seorang guru musik yang penuh ambisi dan semangat mengejar mimpinya. Impian Joe adalah dapat tampil di sebuah panggung jazz ternama. Akhirnya setelah sekian lama, mimpi tersebut berhasil hampir diraihnya. Hingga kehidupan kembali mengujinya, ia tertabrak tepat sebelum tampil dalam panggung musik jazz itu. 

Baca Juga: Makna Perjuangan Hidup dalam Keluarga Cemara

Kegigihan Joe Memaknai Hidup

Akibat kecelakaan tersebut, jiwa Joe terpisah dari raganya dan ia terdampar dalam Great Beyond sebuah tempat yang disimbolkan dalam film ini sebagai tempat menuju kematian. Namun, Joe sadar bahwa ia masih perlu untuk mengejar mimpinya. Alhasil ia pergi ke Great Before, sebuah tempat yang disimbolkan untuk jiwa yang akan dilahirkan.

Walaupun cerita ini fiksi beserta dengan tempat yang disimbolkannya, namun kita dapat melihat kegigihan Joe dalam memperjuangkan mimpinya sebagai bagian dalam memaknai kehidupannya. Tapi apakah keinginan Joe langsung didapat hanya dengan berpindah tempat? Tentu tidak!


Ia bahkan sempat terperangkap dalam tubuh seekor kucing yang justru membuatnya lebih memaknai kehidupan dalam sudut pandang yang berbeda. Tapi dalam beberapa adegan film, terlihat Joe yang tidak langsung menyerah dan mencoba berbagai cara. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Joe fokus akan mimpinya, yaitu kembali ke raganya dan tampil di panggung jazz impiannya itu. 

Bisa jadi, kita punya satu atau berbagai impian seperti Joe. Kita dapat belajar memaknai hidup untuk terus fokus pada tujuan, walaupun masalah akan tetap berdatangan. Ataupun ketika hal yang kita impikan tidak sesuai ekspektasi, seperti Joe yang harus terpisah dengan jiwanya dan terperangkap sementara dalam tubuh seekor kucing. Hal ini menjadi ujian sementara bagi dirinya yang ternyata dapat melaluinya dengan baik. Lantas, bagaimana Joe melanjutkan mimpinya dan memaknai hidup dalam tubuh kucing itu?

Dari Kucing Itu, Ia Memaknai Hidup dengan Bahagia

Masih dengan kisah Joe yang terperangkap dalam tubuh seekor kucing oren, ia justru mendapat pelajaran menarik dari hal ini. Hal yang membuatnya lebih sadar untuk memaknai kehidupan. Yaitu dengan berbahagia, impian semua orang namun sering dilupakan.

Joe memang hebat dengan ambisinya, tapi dari tubuh kucing itu ia sadar bahwa ia terlalu sibuk dengan mimpinya dan lupa cara mengapresiasi hal yang dirinya telah lakukan. Sesederhana memaknai kehadiran orang-orang yang ada di sekeliling dan kita sayangi. Hal ini Joe alami saat mengingat ibunya. 

Bahkan, ketika dalam sebuah kesempatan ia diberi untuk kembali melanjutkan dan memaknai kehidupan, ia berjanji pada dirinya sendiri untuk dapat terus bahagia dalam setiap waktu termasuk bersama ibunya kelak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun