Mohon tunggu...
Kognisi.id
Kognisi.id Mohon Tunggu... Administrasi - Learning Platform by Growth Center part of Kompas Gramedia

Providing a convenient, insightful, and collaborative learning experience

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Social Butterfly: Beri Kesan Tahan Lama ala Dale Carnegie

29 November 2023   08:53 Diperbarui: 29 November 2023   09:22 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah kamu pernah bertemu dengan satu orang untuk pertama kalinya dan pertemuan itu terasa sangat membekas? Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa seseorang bisa menciptakan kesan yang tahan lama dan yang lainnya tidak? Layaknya seorang social butterfly yang memiliki teman di mana-mana dan harum namanya.

Setiap orang sudah memiliki cukup pengetahuan tentang pentingnya first impression atau kesan pertama yang seringkali berbunyi, "X adalah orang yang ramah, Y terlihat menyenangkan, Z sangat tegas" dan sebagainya.

Interaksi yang terbangun dengan manusia seringkali mampu terpelihara karena kesan yang kita berikan ke orang lain. Kita cenderung ingin terkoneksi kembali dengan orang-orang yang memiliki kesan bertahan lama di benak kita. 

Tak ayal, sebagian besar orang ingin memiliki kesan yang baik karena akan menjemput kesempatan-kesempatan berharga yang hanya bisa didapatkan melalui networking. Social butterfly adalah orang-orang yang paling sering mendapatkan tawaran karena mereka berada dalam top of the mind banyak orang. 

Thunderbird merilis wawancaranya bersama Vanessa Van Edwards, seorang expert dan guru dalam dinamika hubungan dan manusia, utamanya tentang menjadi berkesan. Ia mengatakan:

Being memorable is extremely important. It allows us to forge meaningful long-term relationships with others.

Jika semua orang bisa memiliki banyak kenalan, apakah semua orang mampu menjadi social butterfly yang memorable? Sayangnya tidak.

Dalam buku How To Win Friends and Influence People, Dale Carnegie--seorang pengajar dan penulis legendaris tentang pengembangan diri di Amerika--mengungkapkan sejumlah cara berinteraksi yang melibatkan kesan diri kita di mata orang lain. Ini akan membantumu menjadi orang yang memorable dan mudah disukai sehingga dapat menjadi social butterfly yang tidak hanya kaya akan network tetapi juga berkesan. 

Cara Menjadi Social Butterfly yang Mengesankan Setiap Orang

Dalam buku How to Win Friends and Influence People, Dale Carnegie mengungkapkan beberapa cara ini agar kesan bertahan lama dalam ingatan orang lain:

Tertariklah dengan Minat Orang Lain

Pada bagian ini, Carnegie menegaskan bahwa orang yang membuat kita terkesan tidak selalu selebriti atau tokoh publik dengan pengikut jutaan. Sebaliknya, mungkin kita lebih banyak belajar dari seekor anjing yang setia atau seorang teman yang bukan apa-apa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun