Mohon tunggu...
Kognisi.id
Kognisi.id Mohon Tunggu... Administrasi - Learning Platform by Growth Center part of Kompas Gramedia

Providing a convenient, insightful, and collaborative learning experience

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengungkap Misteri Pahlawan Indonesia: Tipe Kerja yang Membuat Mereka Legendaris!

15 November 2023   23:51 Diperbarui: 16 November 2023   00:25 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: Sharon Phoebe Tambotto dan Najwa Khabiza Egaikmal

Berbagai peristiwa penuh darah dan keringat yang terjadi di masa lampau hingga kemerdekaan yang kita rasakan hari ini tidak bisa dilepaskan dari jerih payah para terdahulu. Setiap tanggal 10 November, seluruh Indonesia raya merayakan Hari Pahlawan Nasional untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pahlawan yang telah gugur. 

Menghargai perjuangan para pahlawan dapat kita lakukan dengan cara yang berbeda-beda. Biasanya, kita melakukannya melalui upacara atau keikutsertaan dalam ucapan Hari Pahlawan di media sosial milik kita. 

Akronim terkenal Jas Merah yang berarti "Jangan sekali-sekali melupakan sejarah" seakan menjadi pengingat kewajiban warga negara untuk senantiasa merenungi jasa-jasa para pahlawan. Dari Sabang sampai Merauke, pahlawan yang telah gugur itu memimpikan satu kata yang penuh makna; merdeka!

Cara lain untuk memaknai Hari Pahlawan dapat kita lakukan dengan mengenal dekat karakter mereka dalam upaya keberhasilan melawan penjajah. Tipe kerja para pahlawan bisa menjadi inspirasi dan motivasi kita dalam menata karir dan Indonesia yang lebih baik lagi. 

6 Tipe Kerja Pahlawan yang Membuat Mereka Legendaris.

Mari kita telusuri lebih lanjut tentang karakteristik pahlawan Indonesia melalui pembahasan 6 tipe kerja pahlawan yang membuat mereka legendaris. Dari strategi cerdas hingga semangat perjuangan yang luar biasa, setiap tipe kerja mencerminkan keunikannya sendiri dalam membentuk sejarah Indonesia.

Jenderal Sudirman: Tipe Kerja Raja

dok.kognisi
dok.kognisi

Menjadi Bapak TNI Indonesia, Jenderal Sudirman terkenal memiliki ide mengenai taktik dan strategi cerdas dalam berperang. Jenderal Sudirman tidak melulu menggunakan teknik konvensional, ia terus berinovasi dan mengembangkan taktik baru, utamanya dalam Agresi Militer Belanda II. 

Kontribusinya dalam mengusir penjajah Belanda tidak terlepas dari strategi Perang Gerilya, sebuah strategi perang berpindah-pindah melalui daratan, lembah, sungai, hingga gunung dan menyerang tiba-tiba. Berkatnya, konsentrasi Belanda terpecah dan berhasil pergi dari Jawa Tengah. Tak heran jika Jenderal Sudirman dapat mengembangkan TNI RI.

Tipe kerja Raja adalah orang-orang dengan ide dan inovasi yang terus mengalir. Biasanya orang seperti ini tidak akan berhenti mengusulkan strategi baru apabila strategi lama tidak lagi bekerja. Tipe pekerja Raja adalah bank ide dan pusat pemikiran dari tujuan dan project yang berjalan.

Ki Hajar Dewantara: Tipe Kerja Penasehat Raja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun