Analisis

Bati Tuud Koramil 0806/12 Munjungan Hadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih

12 Juni 2018   19:16 Diperbarui: 12 Juni 2018   19:20 177 0 0
Bati Tuud Koramil 0806/12 Munjungan Hadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih
Bati Tuud Koramil 0806/12 Munjungan Hadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran Pemilihan Umum Tahun 2019 (Sumber Foto Gambar : Kodim 0806/Trenggalek)

Bati Tuud Koramil 0806/12 Munjungan Pelda Sukemi menghadiri undangan rapat pleno terbuka DPHP di ruang pertemuan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, Selasa (12/06/18).

Pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Watulimo, Ketua Panwascam Munjungan dan PPS sekecamatan Munjungan serta undangan sekitar 50 orang.

Kegiatan ini sebagai langkah transparansi data menjaga kemungkinan adanya warga yang masih tetap belum terdata dalam daftar pemilih dan memastikan data-data pemilih tersebut memiliki akurasi data yang valid dan mutakhir. 

Harus dapat dipastikan bahwa pemilih yang tidak memenuhi syarat sudah tidak terdapat dalam DPHP yang akan menjadi DPS nantinya yang mana datanya sudah akurat dari masing masing desa yang berada di Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek.

Camat Munjungan dalam sambutannya mengucapkan salam dan penghormatan kepada seluruh undangan yang telah hadir di Aula Kecamatan Munjungan. Harapan kami adalah supaya seluruh warga yang ada di Kecamatan Munjungan bias menyalurkan hak pilihnya.

Pentingnya Pemutakhiran Daftar Pemilih berkelanjutan ini untuk mengetahui pergerakan penduduk yang mempunyai hak pilih dan guna memelihara Data Pemilih yang sudah ada. 

Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Umum terakhir digunakan sebagai sumber Pemutakhiran Data Pemilihan dengan mempertimbangkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihara sehingga DP4 yang disampaikan oleh Pemerintah kepada KPU yang sudah diverifikasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil hanya sebagai data pendamping dalam melaksanakan Pemutakhiran Daftar Pemilih. 

Untuk diperlukan langkah-langkah kreatif dalam pelaksanaan Pemutakhiran Daftar Pemilih berkelanjutan guna tercapainya validitas dan terpeliharanya Daftar Pemilih yang Up To Date," ulas Camat Munjungan

Pada kesempatan lain Bati Tuud Koramil 0806/12 Munjungan Pelda Sukemi menjelaskan terkait tahapan Pilkada diharapkan data yang valid sehingga tidak terjadi permasalahan baru dan semoga dalam pelaksanaan kampanye terbuka dapat terlaksana dengan lancar dan aman. 

Diharapkan rapat pleno ini adalah suatu kesepakatan bersama. Dalam Pilkada Pileg maupun Pilpres yang akan datang, Aparat khususnya TNI bersikap NETRAL dan diharapkan Pemilu nantinya betul-betul JURDIL," ungkap Pelda Sukemi.(Fr)