Mohon tunggu...
Koboi81
Koboi81 Mohon Tunggu... Kuli tinta

Laki Laki yang berharap kejujuran selalu dihati

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Etika Bisnis di Era Digital

8 November 2019   12:49 Diperbarui: 8 November 2019   12:54 0 0 0 Mohon Tunggu...

Semenjak Jaringan Internet terus ditingkat oleh para proveder2 dan telepon selular berlomba-lomba dalam menjelajah dunia maya, pada saat itu pula menjadi magnet daya tarik bisnis online sebagaimana penetrasi pengguna internet yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Selain itu bisnis online menimbulkan paradigma jam kerja baru dimana saat sebelum hadirnya bisnis online ini, para pelaku bisnis harus bekerja keras dari jam 7 pagi sampai 8 jam berikutnya, namun kini dengan hadirnya bisnis online membuat para pelaku bisnis berkerja cerdas yang tentunya mereka bisa bekerja mulai jam 7 pagi hingga 24 jam non stop seharian selama 7 hari,

selain itu pelaku bisnis online masih bisa dekat dengan keluarga dalam melakukan transaksi bisnisnya karena bisnis online ini mempunyai keunggulan tersendiri antara lain

1.Tidak diperlukan ijin usaha sebab dianggap usaha rumahan
2.Lebih cepat dan simple dalam segala hal
3.Adanya pemotongan distribusi bagi produsen sehingga harga lebih kompetitif

Adapun mindset bisnis online ini sebagai pelaku haruslah memahami semua konsep sampai tuntas terlebih dahulu dan pilih mana yang sesuai untuk dikerjakan serta marketing melalui media sosial yang menurut kita yang terbaik.

Dan perlu di ingat internet marketing bukanlah cara kaya mendadak karena semua butuh proses mulai dari kecil menuju besar.
Semua itu tergantung dari pelaku bisnis online bila mereka ingin sukses maka mereka harus fokus dalam menjalani bisnisnya serta telaten memaintenance bisnisnya, dan mereka bila tidak mau gagal dalam bisnis online ini harus menghindari hal hal seperti baru mulai bisnis mengharapkan hasil besar, santai dan bermalas malasan, tidak fokus dan tidak telaten.

Ingat semua itu kita harus punya prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas.

Cari tau benar atau tidaknya produk yang dijual serta ukur kemampuan kita dalam produk yg ditawarkan.

Dalam Etika bisnis di era digital ini para pelaku haruslah jujur, adil, ramah, janji untuk ditepati, kepedulian pada pelanggan, menghargai pesaing dan mematuhi hukum yang ada serta berdidikasi yang tinggi.

Itulah sekelumit etika bisnis dalam era digital saat ini, penulis mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan di hati pembaca sekalian dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua, dan terima kasih.

Pontianak, 7 November 2019

Penulis