Mengenal Chatbot dan Potensinya
Apa Itu Chatbot?
Chatterbot (atau disebut juga Chatbot atau bots) adalah sebuah program yang dirancang sebagai layanan obrolan robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang menirukan manusia. Chatbot menjadi layanan obrolan yang sebenarnya menjadi fitur yang sudah sangat sering digunakan oleh masyarakat yang melek teknologi. Tapi bedanya dengan menggunakan Chatbot, yang membalas di dalam proses chatting itu adalah robot atau tokoh virtual.
Bagaimana Chatbot Bekerja?
Pada dasarnya Chatbot bekerja dengan cara melihat kata kunci dalam data yang masuk dan membalasnya dengan kata kunci yang paling cocok, atau pola kata-kata yang paling mirip dari basis data tekstual. Artinya, jika pengguna mengirim suatu permintaan maka Chatbot akan membalasnya dengan respon yang spesifik sesuai dengan kata kunci yang dikirim. Sebagai contoh, misalnya pengguna mengirim atau mengetikkan suatu pertanyaan "Apakah produk yang anda jual masih ada?" maka dengan informasi yang sudah tersedia, Chatbot akan segera merespon sesuai dengan pertanyaan tersebut "Masih, silahkan diorder". Disini anda hanya perlu memberikan perintah atau melakukan sebuah percakapan baik itu dalam bentuk teks maupun audio, dan Chatbot akan mencari data yang anda butuhkan sesuai dengan kata kunci yang anda berikan.
Potensi Masa Depan
Chatbot sebagai inovasi terbaru di dunia teknologi masa kini mempunyai potensi yang sangat menjanjikan. Melihat potensi yang dimiliki oleh chatbot, perusahaan berbondong-bondong untuk menanamkan chatbot ke dalam platform masing-masing. Faktor pendorong chatbot hingga menjadi tren saat ini adalah kenaikan intensitas percakapan digital, dimana kegiatan komunikasi yang berbasis mobile atau layar desktop adalah hal yang lumrah untuk terjadi.
Sebagai Solusi Bisnis
Seiring berjalannya waktu, Chatbot ternyata tidak hanya ditujukan untuk automasi pesan saja, tetapi juga digunakan oleh para pebisnis untuk menjangkau konsumen di lingkup yang lebih professional. Tak hanya itu, teknologi yang serupa juga mendukung inovasi lain yang bersifat eksperimental seperti percakapan virtual hingga penerapan machine learning.
Chatbot bisa meningkatkan efisiensi perusahaan karena mampu melakukan tugas customer service. Biasanya ada 70 persen pertanyaan awal pelanggan selalu sama dan ini bisa dilakukan chatbot, saat ini pelanggan menginginkan solusi atau jawaban yang cepat, mudah dan sederhana ada dari smartphone mereka. Aplikasi chatbot pun mampu menjawab kebutuhan tersebut.
Lantas apa saja sih kelebihan Chatbot apabila digunakan untuk berbisnis?
Lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen
Kelebihan Chatbot yang pertama ini pasti banyak disenangi oleh para konsumen, karena saat konsumen mengajukan pertanyaan kepada Chatbot maka robot akan menjawab pertanyaan tersebut dengan cepat, tepat, dan tanpa bertele-tele.