Mohon tunggu...
KKN UNDIP Lebaksiu Lor 2020
KKN UNDIP Lebaksiu Lor 2020 Mohon Tunggu... Jurnalis - Merupakan akun dari Tim 1 KKN UNDIP Desa Lebaksiu Lor 2020.

Merupakan akun dari Tim 1 KKN UNDIP Desa Lebaksiu Lor 2020.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

2020 Akses Jalan Dusun Sidamulya Masih Susah

10 Februari 2020   09:00 Diperbarui: 10 Februari 2020   09:12 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kondisi jalan menuju Dukuh Sidamulya--dokpri

Warga Dukuh Sidamulya, Desa Lebaksiu Lor, Kecamatan Lebaksiu masih mengalami susahnya akses jalan menuju pusat kegiatan Desa. Hal ini terbukti saat dilakukannya kegiatan kunjungan oleh Camat Lebaksiu bersama rombongan dari Dinas Sosial, Pemerintah Desa Lebaksiu Lor, dan mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 2020 pada Jumat 10 Januari 2020.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi asli dari akses jalan menuju ke Dukuh Sidamulya yang terletak di ujung Timur Desa Lebaksiu Lor serta mendengar aspirasi dari warga setempat secara langsung. Selain itu dari Dinas Sosial juga memiliki tujuan untuk memberikan penyuluhan terkait bantuan ayam KUB dari pemerintah kepada Rumah Tangga Tidak Mampu (RTM).

Koordinator Desa Tim KKN UNDIP berbincang dengan Camat Lebaksiu terkait kondisi jalan yang dilalui--dokpri
Koordinator Desa Tim KKN UNDIP berbincang dengan Camat Lebaksiu terkait kondisi jalan yang dilalui--dokpri

Bapak Domiri selaku Camat Lebaksiu beserta rombongan perlu menempuh jarak lebih dari 1,5 km dari Dukuh terdekat dengan berjalan kaki. Jarak yang jauh, dan juga sulitnya medan yang harus dihadapi menyebabkan waktu tempuh hingga ke Dukuh Sidamulya memerlukan waktu hampir 1 jam. Hujan yang turun di malam sebelumnya memperparah kondisi jalan, sehingga jalan yang dilalui menjadi becek dan licin.

Hal tersebut tentunya cukup membahayakan warga yang bepergian. Penerangan jalan yang hampir tidak ada membuat warga semakin sulit untuk melakukan kegiatan di luar Dukuh pada malam hari.

Hal ini tentu menjadi sebuah pukulan bagi Pemerintah Desa Lebaksiu Lor, bahkan Kabupaten Tegal karena hingga tahun 2020 akses menuju Dukuh Sidamulya masih sangat susah. Warga pun memerlukan usaha ekstra untuk mendapatkan layanan pendidikan, kesehatan, dan dalam berkegiatan sehari-hari.

Kegiatan POSYANDU yang rutin diadakan oleh kader POSYANDU RW 07 pun menjadi sebuah tantangan bagi anak-anak balita beserta ibu mereka, apalagi bagi ibu-ibu hamil. Tanah yang licin dan berlumpur tentunya sangat membahayakan keselamatan para ibu hamil untuk mendatangi kegiatan tersebut.

Diskusi antara Pemerintah dengan warga yang diwakili oleh Ketua RT setempat--dokpri
Diskusi antara Pemerintah dengan warga yang diwakili oleh Ketua RT setempat--dokpri
Penyuluhan Dinas Sosial kepada Warga Penerima Bantuan Ayam KUB--dokpri
Penyuluhan Dinas Sosial kepada Warga Penerima Bantuan Ayam KUB--dokpri
Rombongan disambut oleh Ketua RT setempat dan dilakukan diskusi di rumah Bapak Marno selaku Ketua RT 04 RW 07, Desa Lebaksiu Lor. Diskusi dilakukan secara 2 arah dimana Bapak Marno menyampaikan keluh kesah warga akibat akses jalan yang susah tersebut kepada rombongan Pemerintah Desa dan Kecamatan Lebaksiu.

Bapak Domiri dan Bapak Iman Shopa selaku Kepala Desa juga memberikan beberapa kemungkinan jalan keluar untuk permasalahan tersebut karena mengingat besarnya nilai anggaran yang diperlukan untuk perbaikan jalan menuju Dukuh Sidamulya tidak dapat ditanggung oleh Dana Desa.

Foto mahasiswa KKN UNDIP bersama Ketua RT Dukuh Sidamulya, Kepala Desa Lebaksiu Lor, dan Camat Lebaksiu--dokpri
Foto mahasiswa KKN UNDIP bersama Ketua RT Dukuh Sidamulya, Kepala Desa Lebaksiu Lor, dan Camat Lebaksiu--dokpri

Hasil dari diskusi tersebut akan dibawa oleh Bapak Domiri untuk diusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Tegal agar dapat ditindaklanjuti dan segera dilakukan perbaikan agar kehidupan warga Dukuh Sidamulya lebih sejahtera.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun