Mohon tunggu...
KKN UM WRINGINANOM
KKN UM WRINGINANOM Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN TEMATIK UM DESA WRINGINANOM 2021

KKN TEMATIK UM JURUSAN BIOLOGI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UM: Sosialisasi Pemasaran Online, Pengenalan dan Pengaplikasian Jual Beli Online di Desa Wringinanom

24 Juli 2021   07:24 Diperbarui: 24 Juli 2021   08:45 147 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UM: Sosialisasi Pemasaran Online, Pengenalan dan Pengaplikasian Jual Beli Online di Desa Wringinanom
Poster pelatihan pemasaran/dokpri

Universitas Negeri Malang atau biasa disingkat UM terlibat aktif membantu dan mengedukasi masyarakat melalui adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dalam pelaksanaan KKN salah satunya Kelompok KKN Tematik dari Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang, melaksanakan kegiatan KKN di Desa Wringinanom. Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

KKN tematik Kelompok 1 dari Jurusan Biologi mengusung tema "Pengolahan Bahan Pangan untuk Meningkatkan Perekonomian". Pelaksanaan KKN dilakukan secara daring dan luring dengan memperhatikan protokol kesehatan.  Dalam serangkaian banyaknya program kerja yang dilakukan, ada satu program kerja yang juga sangat berperan penting dalam mendukung kemajuan Desa Wringinanom terutama dalam sektor ekonomi desa. Sejauh yang ditelusuri oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Wringinanom tepatnya di daerah Dusun Simpar, ada beberapa potensi khas desa yang berpeluang menjadi sumber ekonomi bagi warga. Potensi bahan pangan yang berhasil ditelusuri yaitu singkong dan lemon.  Mahasiswa KKN tematik Universitas Negeri Malang berinisiatif dan berinovasi mengadakan kegiatan program penyuluhan dan pelatihan pembuatan produk olahan dari singkong dan lemon. Selain program-program tersebut, para mahasiswa KKN Tematik Biologi Universitas Negeri Malang juga mengadakan kegiatan sosialisasi pelatihan pemasaran produk secara online melalui jejaring sosial dan toko-toko online.

Sebelum kegiatan berlangsung, kelompok mahasiswa KKN ini menelusuri dengan melakukan wawancara kepada pihak desa mengenai apa hal-hal yang diperlukan oleh masyarakat Dusun Simpar dalam hal ekonomi. Dari hasil penelusuran tersebut diketahui bahwa ternyata, masyarakat Dusun Simpar masih belum banyak memaksimalkan jual beli secara online di media jejaring sosial dan toko online. Sebagian besar warga kurang bisa mengaplikasikan fitur-fitur dan aplikasi-aplikasi jual beli online yang pada dasarnya sekarang sedang maraknya dan tren di bidang ekonomi dan bisnis kekinian. Teknologi jual beli online ini sangat memudahkan penjual atau pelaku bisnis untuk mendapat dan menjangkau lebih banyak target pasar sehingga betul-betul memudahkan jual beli. Hal inilah yang menjadi poin penting yang wajib digaris bawah yang penting alasan mengapa sosialisasi pelatihan pemasaran online perlu diadakan dan diajarkan kepada masyarakat desa.


Program kerja Pelatihan pemasaran secara online dilakukan secara virtual melalui video sosialisasi yang diunggah di laman Youtube. Video sosialisasi pelatihan pemasaran online ini dibagikan kepada warga melalui grup chat WhatsApp Sosialisasi KKN Desa Wringinanom.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN