Mohon tunggu...
KKN UM TEGALBANG 2021
KKN UM TEGALBANG 2021 Mohon Tunggu... KKN PULANG KAMPUNG

KKN PULANG KAMPUNG 2021 Desa Tegalbang Kecamatan Palang Tuban

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Pulkam Tegalbang 2021, Melakukan Bersih Desa di Cungkup Mbah Jalangas

14 Juni 2021   20:15 Diperbarui: 14 Juni 2021   20:42 60 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Pulkam Tegalbang 2021, Melakukan Bersih Desa di Cungkup Mbah Jalangas
Dokumen pribadi

TUBAN – Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) KKN Pulang Kampung Kelompok 1 Tuban melakukan kegiatan bersih desa di Desa Tegalbang Kecamatan Palang pada hari Sabtu 12 juni 2021. 

Bersih desa ini merupakan salah satu proker pendukung yang telah dirancang oleh  Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) KKN Pulang Kampung Kelompok 1 Tuban dan disetujui oleh kepala desa tegalbang dimana pada masa new normal ini protokol kesehatan sangat dijaga antara pemuda karang taruna dan mahasiswa KKN yang memberikan contoh secara langsung kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar dan tak lupa Antusias anggota KKN serta pemuda Karang Taruna juga perlu diacungi jempol dengan datang tepat waktu, membawa berbagai alat kebersihan serta melakukannya dengan senang hati pada kegiatan bersih-bersih disekitar Cungkup Mbah Jalangas yang merupakan salah satu situs bersejarah hingga saat ini dijaga oleh warga setempat. 

Pasti kalian bingung siapakah Mbah Jalangas tersebut sampai yang awalnya hanya cungkup kini dibangun dengan indah? Mbah Jalangas merupakan orang yang pertama menduduki desa Tegalbang yang merupakan seorang pertapa dan dulu dikenal sebagai orang sakti yang dapat menyembuhkan orang sakit. “ Tegalbang merupakan singkatan dari Tegal yang artinya tanah luas dan bang / abang dalam Bahasa Indonesia adalah merah, jadi jangan heran lahan tanah didesa ini berwarna merah ” kata Mas Candra ketua Karang Taruna Tegalbang (12/6). Ditempat ini setiap tahun diadakan sedekah bumi yang dilakukan oleh masyarakat setempat untuk mengingat jasa para leluhur terdahulu.

Selain membersihkan cungkup Mbah Jalangas tersebut,  pada tanggal 13 juni 2021 Mahasiswa KKN beserta karang taruna juga membersihkan dua masjid yang ada didesa Tegalbang salah satunya yaitu masjid  Nurul Ulaa dengan tujuan agar para jama’ah shalat di masjid selalu terjaga dari kebersihan dan kesucian. Selain itu, kerukunan dan sikap gotong royong antara pemuda karang taruna dengan warga juga terjalin dan nantinya dapat terus diterapkan kedepannya. 

Kemudian, berbagai manfaat yang dapat diterima oleh mahasiswa KKN yaitu menambah keakraban serta kekeluargaan dengan masyarakat yang ada di tegalbang. Kegiatan bersih desa tersebut diakhiri dengan pemasangan poster yang berisi himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan agar tidak terjadi banjir di desa tegalbang. Kewajiban menjaga protokol kesehatan sangat dijaga dan dipatuhi setiap pelaksanaan program kerja pada KKN ini dengan selalu memakai masker, menggunakan handsanitizer dan sering mencuci tangan dengan air mengalir.  

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x