Mohon tunggu...
KKN UM Sumbertempur
KKN UM Sumbertempur Mohon Tunggu... KKN Desa Sumbertempur 2021

KKN UM 2021 di Desa Sumbertempur, Kec. Wonosari, Kab. Malang; DPL: Adelia Shabrina Prameka, S.E., M.M.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendampingan Belajar Mengaji sebagai Program Kerja KKN 2021 UM

24 Juni 2021   08:30 Diperbarui: 24 Juni 2021   08:56 81 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendampingan Belajar Mengaji sebagai Program Kerja KKN 2021 UM
Foto bersama mahasiswa KKN UM Desa Sumbertempur 2021 dengan ustadzah dan anak-anak TPQ Desa Sumbertempur / dokpri

Tujuh hari telah dilaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) 2021 Universitas Negeri Malang di Desa Sumbertempur. Desa Sumbertempur terletak di Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang. Dalam pelaksanaannya mahasiswa dituntut untuk menyusun dan menjalankan program kerja kepada masyarakat desa. 

Salah satu program kerja yang sudah disusun adalah pendampingan belajar mengaji kepada anak-anak di TPQ Desa Sumbertempur yang dilakukan tanggal 17 juni 2021 terdiri dari 38 anak. Di masa pandemi covid 19, banyak kegiatan bermajelis yang belum bisa berjalan seperti biasanya seperti tahlil ibu-ibu Desa Sumbertempur yang dalam pelaksanaannya masih terhambat.

“Tahun ini kegiatan mengaji di TPQ masih terlaksana dengan mematuhi protokol Kesehatan seperti mencuci tangan dan menggunakan masker” ucap Ibu Siti Nurkhayati Ustadzah TPQ. Murid dari TPQ ini adalah anak-anak yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Kegiatan yang biasa dilakukan adalah belajar mengaji iqra’ sampai Al-Qur’an dengan ustadzah yang juga merupakan warga setempat.

Perkenalan Mahasiswa KKN Desa Sumbertempur / dokpri
Perkenalan Mahasiswa KKN Desa Sumbertempur / dokpri

Dalam menjalankan program kerja KKN menjadi pendampingan belajar mengaji di TPQ tersebut akan dapat membantu dalam memenuhi program kerja yang telah dirancang. Selain itu program kerja ini diharapkan dapat meringankan tugas ustadzah dalam menjalankan tugasnya. Kedatangan mahasiswa KKN disambut antusias oleh anak-anak TPQ Desa Sumbertempur. Sebelum kegiatan dimulai uztadzah memimpin anak-anak TPQ untuk berdoa, kemudian proses pendampingan diserahkan langsung kepada mahasiswa KKN. Tak kenal maka tak sayang, terlebih dahulu masing-masing mahasiswa memperkenalkan diri. Setelah acara perkenalan dibagikan modul yang berisi doa sehari-hari. 

Pendampingan belajar mengaji yang dilakukan adalah belajar dan menghafal doa sehari-hari. Terdapat 11 doa sehari-hari yang diajarkan yaitu doa berpakaian, doa melepas pakaian, doa bercermin, doa sebelum makan, doa sesudah makan, doa sebelum tidur, doa bangun tidur, doa masuk rumah, doa keluar rumah, doa masuk WC, dan doa keluar WC. Selanjutnya dibentuk kelompok belajar yang terdiri dari 5 sampai 7 anak dimana laki-laki dan perempuan dipisah. Masing-masing kelompok didampingi dua mentor.

Kegiatan pendampingan mengaji doa sehari-hari oleh mahasiswa KKN UM 2021 / dokpri
Kegiatan pendampingan mengaji doa sehari-hari oleh mahasiswa KKN UM 2021 / dokpri

Kegiatan ini berjalan dengan baik dengan antusiasme dari anak-anak TPQ Desa Sumbertempur. Kegiatan mengaji doa sehari-hari ditutup dengan pemberian permen kepada anak-anak. Belajar mengaji doa sehari-hari diharapkan dapat diamalkan seterusnya oleh anak-anak Desa Sumbertempur.

VIDEO PILIHAN