Mohon tunggu...
KKN UMSumberagung
KKN UMSumberagung Mohon Tunggu... Media Berita Kegiatan KKN UM Desa Sumberagung

Mahasiswa KKN UM di Desa Sumberagung Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

KKN UM Sumberagung Ciptakan Booklet Kreasi Makanan untuk Bayi di Tengah Pandemi Covid

9 Juli 2020   09:26 Diperbarui: 9 Juli 2020   09:33 21 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UM Sumberagung Ciptakan Booklet Kreasi Makanan untuk Bayi di Tengah Pandemi Covid
Booklet Kreasi Makanan Bayi & Balita | dokpri

Dengan kondisi pandemik saat ini, Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Negeri Malang tetap terlaksana dengan cara online/daring. Seminggu sekali para peserta diperkenankan untuk mengunjungi Desa penempatan KKN untuk melakukan observasi serta penyerahan program yang telah dirancang secara online. 

Tentu saja kunjungan itu memiliki aturan seperti halnya, hanya perwakilan sebanyak 3 orang mahasiswa saja yang boleh melakukan kunjungan dan mematuhi aturan yang telah dianjurkan oleh pemerintah atau aturan desa setempat.

Dilihat dari analisis obeservasi sebelumnya bahwa belum ada program di Poasyandu tentang kreasi makanan maka dari itu mahasiswa pun berinisiatif untuk membuat suatu program yang cocok untuk situasi disaat pandemi saat ini. Salah satu program yang dirancang yaitu Booklet Kreasi Makanan Bayi & Balita. Program ini menuntut agar para ibu bayi lebih berinovatif dalam meciptakan makanan bayi & balita dengan bahan sederhana dan mudah didapat serta memiliki kandungan vitamin yang bagus untuk pertumbuhan bayi & balita.

Kamis, 25 Juni 2020, mahasiswa KKN UM 2020 melakukan penyerahan booklet kreasi makanan bagi bayi kepada kader Posyandu Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Penyerahan dilakukan di tiga tempat yaitu Posyandu Dusun Rejosari, Posyandu Bendorejo, dan Posyandu Sumber Mulyo. Booklet tersebut berisikan resep makanan yang mencakup bahan, cara membuat, dan kandungan gizi untuk bayi berumur 6 bulan yang sudah siap untuk diperkenalkan makanan pengganti asi. Karena pada usia tersebut, sistem pencernaan bayi sudah lebih siap menerima asupan selain susu.

Setiap posyandu, booklet diberikan dalam bentuk hard file dan soft file agar nantinya bisa diperbanyak oleh pihak posyandu lalu diberikan kepada ibu-ibu yang memiliki bayi berumur 6 bulan. Pemberian booklet tersebut diharapkan agar memberikan wawasan kepada ibu-ibu di tengah pandemi covid 19 ini untuk berkreasi guna menambah gizi yang cukup untuk si bayi. 

Kader dari ke tiga posyandu tersebut sangat tertarik dengan pemberian booklet dari mahasiswa KKN UM, karena didesain dengan warna dan gambar yang menarik dan memiliki informasi yang dapat menambah wawasan baru kepada ibu-ibu di tengah pandemi ini. 

Selain pemberian booklet, seharusnya diadakan pelatihan bagaimana cara membuat makanan pengganti asi yang aman dan sehat untuk si bayi. Karena pandemi ini, tidak memungkinkan untuk melakukan pelatihan tersebut dan diganti dengan pemberian booklet saja. Tidak lupa dari salah anggota KKN UM untuk menjelaskan bagimana isi dan tujuan booklet tersebut dibuat kepada kader-kader posyandu.

Penyerahan Booklet Kreasi Makanan Bayi & Balita ke Kader Posyandu | dokpri
Penyerahan Booklet Kreasi Makanan Bayi & Balita ke Kader Posyandu | dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x