Mohon tunggu...
KKN UM Sumbermanjing Wetan
KKN UM Sumbermanjing Wetan Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN

Mahasiswa KKN

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Semangat di Usia Senja

4 Juli 2019   22:18 Diperbarui: 5 Juli 2019   09:13 30 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semangat di Usia Senja
Kelompok Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang melakukan KKN Desa Sumbermanjing Wetan

Kelompok Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang melakukan KKN Desa Sumbermanjing Wetan mengikuti salah satu kegiatan, yaitu senam lansia pada tanggal 21 Juni- 2 Juli 2019 yang bertujuan untuk menambah wawasan tentanglatihan fisik yang cocok dan bermanfaat bagi para lansia Desa SumbermanjingWetan. Selain untuk menambah wawasan kesehatan bagi para lansia, kegiatan inijuga bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan lebih mengenal warga DesaSumbermanjing Wetan terutama untuk warga yang berusia lanjut usia.

Senam lansia adalah olahraga ringan dan mudah dilakukan, tidak memberatkan yang diterapkan padalansia. Aktivitas olahraga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan tetap segar karena melatih tulang tetap kuat, memdorong jantung bekerja optimal dan membantu menghilangkan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh.

Instruktur kegiatan senam lansia ini adalah pelatih senam yang tentunya merupakan orang yang profesional di bidangnya. Para anggota senam sangat antusias dalam melakukan kegiatan senam ini, mereka sesekali bercanda dan juga sedikit beristirahat untuk minum di tengah kegiatan senamkarena merasa capek. Anggota mahasiswa KKN bertugas mendampingi, memberisemangat dan mengkondisikan peserta apabila ada yang tidak dimengerti.

Kegiatan senam lansia dilaksanakan dua kali seminggu yaitu hari senin dan jumat pada tanggal 21 Juni- 2 Juli di kantor balai desa Sumbermanjing Wetan. Senam dimulai pukul 07.00 sampai selesai, setelah kegiatan senam selesai anggota senam beristirahat sambil bercengkrama dan minum untuk menghilangkan rasa lelah.

Kelompok Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang melakukan KKN Desa Sumbermanjing Wetan
Kelompok Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang melakukan KKN Desa Sumbermanjing Wetan
Perlengkapan yang digunakan dalam melakukan kegiatan senam ini yaitu sound system,mic, dan musik untuk senam lansia. Kegiatan berlangsung selama sekitar 45 menit dengan ibu Rini sebagai instruktur. Menurut informasi dari ibu Rini sebagai instruktur, kegiatan terdiri dari beberapa rangkaian proses dalam setiap latihan, meliputi pemanasan, conditioning (inti), dan penenangan(pendinginan). Pemanasan dilakukan sebelum latihan. 

Pemanasan bertujuanmenyiapkan fungsi organ tubuh agar mampu menerima pembebanan yang lebih beratpada saat latihan sebenarnya. Setelah pemanasan cukup dilanjutkan tahap kondisioning atau gerakan inti yakni melakukan berbagai rangkaian gerak dengan model latihan yang sesuai dengan tujuan program latihan. Setelah conditioning dilakukan penenangan, penenangan merupakan periode yang sangatpenting dan esensial. 

Tahap ini bertujuan mengembalikan kodisi tubuh sepertisebelum berlatih dengan melakukan serangkaian gerakan berupa stretching.Tahapan ini ditandai dengan menurunnya frekuensi detak jantung, menurunnya suhutubuh, dan semakin berkurangnya keringat. Tahap ini juga bertujuanmengembalikan darah ke jantung untuk reoksigenasi sehingga mencegah genangandarah diotot kaki dan tangan.

Ujar ibu Eni selaku peserta senam "saya sangat berterimakasih kepada mahasiswa KKN, karena telah mendukung dan ikut berpartisipasui dalam kegiatan senam lansia ini". Kami berharap semoga kegiatan senam lansia bisa bermanfaat bagi para warga lanjut usia Desa Sumbermanjing Wetan dan juga bisa menambah pengalaman bagi Mahasiswa KKN UM Desa Sumbermanjing Wetan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x