Mohon tunggu...
KKN Sukolilo UM
KKN Sukolilo UM Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sebuah platform tulisan berbasis media digital yang memuat mengenai keseharian kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Model Blok di Universitas Negeri Malang berbasis Tri Dharma Perguruan Tinggi di Desa Sukolilo, Wajak, Malang

Dengan mengusung tema KKN 'Berkarya Dimana Saja' dan ditunjang dari lingkungan Desa Sukolilo yang ramah dan inklusif menjadikan anggota kelompok menjadi lebih bersemangat mengemban amanah dan nyaman untuk disinggahi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Stop Covid-19 dengan Program Vaksinasi Bersama KKN UM di Desa Sukolilo

27 Juli 2021   08:05 Diperbarui: 27 Juli 2021   08:14 32 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Stop Covid-19 dengan Program Vaksinasi Bersama KKN UM di Desa Sukolilo
Mahasiswa KKN UM bersama perangkat Desa terlihat antusias menjalankan program vaksin/dokpri

Hingga detik ini pandemi virus Corona belum juga berakhir. Untuk menekan kasus yang terus meningkat, pemberian vaksin COVID-19 mulai diberlakukan. Pemerintah menganjurkan agar semua orang mendapatkannya. Meskipun belum merata, tetapi vaksin COVID-19 sudah dalam proses pendistribusian ke seluruh masyarakat Indonesia. 

Pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19. Saat ini KKN UM 2021 ikut andil dalam pelaksanaan program vaksinasi yang ada di Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang untuk mendukung program pemerintah. Bersama dengan pihak puskesmas Wajak 21 orang, kader kesehatan 6 orang, dan pemerintah desa 7 orang.

Apel persiapan vaksinasi/dokpri
Apel persiapan vaksinasi/dokpri

 Sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalaninya. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi. Hal tersebut dibuktikan dengan berlangsungnya vaksinasi di Desa Sukolilo, banyak warga yang mendapat undangan resmi dari desa tidak datang untuk melakukan vaksin. Dari 150 undangan yang disebar di Desa Sukolilo tidak sampai setengahnya yang datang. Selain itu stok yang diberikan juga terbilang sangat terbatas, sehingga masih banyak masyarakat yang tidak memiliki kesempatan untuk vaksin.

Situasi vaksin di Desa Sukolilo/dokpri
Situasi vaksin di Desa Sukolilo/dokpri

Pentingnya vaksinasi ini membuat Kepala Desa Sukolilo terus-menerus melakukan sosialisasi terkait bahaya penyakit COVID-19, pentingnya menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan lingkungan. Salah satu tujuan vaksinasi yaitu untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri maupun virus penyebab infeksi. Selain itu, vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Hal ini terbilang penting karena ada sebagian orang yang tidak mau divaksin karena alasan tertentu.

Melalui vaksin, sehatlah tubuhku, bangkitlah Indonesiaku/dokpri
Melalui vaksin, sehatlah tubuhku, bangkitlah Indonesiaku/dokpri

Pelaksanaan vaksin di Desa Sukolilo berjalan dengan baik, melalui kerjasama yang kompak bersama petugas kesehatan berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarat. 

Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat COVID-19. Harapan dari diadakannya program vaksinasi COVID-19 adalah menurunnya angka kematian dan menekan jumlah pasien akibat virus ini khususnya di Desa Sukolilo.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN