Mohon tunggu...
kkn umngembeh
kkn umngembeh Mohon Tunggu... KKN UM Desa Ngembeh Kecamatan Dlanggu Kab. Mojokerto merupakan kuliah kerja nyata di bawah nangungan LP2M Universitas Negeri Malang

KKN UM Desa Ngembeh Kecamatan Dlanggu Kab. Mojokerto merupakan kuliah kerja nyata di bawah naungan LP2M Universitas Negeri Malang.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa KKN UM Desa Ngembeh Selenggarakan Lebaran Cup

23 Juni 2019   05:47 Diperbarui: 23 Juni 2019   05:48 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Desa Ngembeh Selenggarakan Lebaran Cup
Lomba Estafet Air

Mahasiswa KKN UM di Desa Ngembeh yang dibimbing oleh Bapak Ludi Wishnu Wardana melaksanakan kegiatan Lebaran Cup (18/6). Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah lebaran usai, oleh karena itu dinamakan Lebaran Cup. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Ngembeh I Kec. Dlanggu Kab. Mojokerto yang diikuti oleh siswa-siswi SDN Ngembeh I dari kelas 1 hingga kelas 5. Bentuk kegiatan Lebaran Cup  ini berupa lomba-lomba yang pesertanya merupakan siswa-siswi kelas 3, 4, dan 5, sedangkan siswa --siswi kelas 1 dan 2 menjadi supporter. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB.

Selain untuk menguji konsentrasi dan kekompakan tim, Lebaran Cup ini juga dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang setelah melakukan ujian akhir. Antusias siswa-siswi sangatlah tinggi, hal ini dibuktikan dengan semangat partisipasi siswa dalam mengikuti lomba.

Ada 4 jenis lomba yang dilaksanakan dalam Lebaran Cup, yaitu estafet air,  estafet tepung, hollahop sarung, dan lari sprint jarak pendek yang dimodifikasi dengan estafet. Dengan adanya lomba seperti ini dapat mengetahui seberapa besar tingkat konsentrasi siswa-siswi untuk melatih motorik mereka, serta melatih tingkat konsentrasi dan kekompakan tim.

Lomba jenis pertama yaitu estafet air. Lomba ini menggunakan botol aqua bekas yang dipotong atasnya dengan mengikat botol menggunakan tali rafia dan menjadikan ikatan tali sejumlah anggota dalam setiap tim. Tujuan permainan ini adalah mengambil air dari tempat air A dipindah ke tempat air B dengan tidak boleh adanya bantuan tangan untuk mengambil air. Sehingga siswa dituntut berfikir dan konsentrasi untuk mengambil air tersebut.

Lomba jenis kedua yaitu estafet tepung. Setiap tim diintruksikan berbaris satu banjar ke belakang, kemudian setiap anggota tim diberikan piring plastik untuk digunakan sebagai wadah menerima tepung dari rekan setimnya yang berada di depannya. Anggota tim yang paling depan mengambil tepung yang sudah disediakan, kemudian mengoper tepung tersebut kepada rekan setim yang berada di belakangnya, dan begitupun seterusnya. Anggota tim yang berada paling ujung mengumpulkan tepung yang sudah diberikan rekan-rekan setim yang di depannya. Pemenang dari lomba ini yaitu tim yang mengumpulkan tepung paling banyak. 

Lomba Estafet Tepung
Lomba Estafet Tepung

Lomba jenis ketiga yaitu hollahop sarung. Setiap tim diintruksikan untuk membentuk baris bersaf dan merentangkan kedua tangan lalu bergandengan tangan dengan rekan setimnya. Ketua tim memulai mengoper sarung tersebut kepada rekan tim di sampingnya. Cara bermain hollahop sarung ini yaitu memindahkan sarung tesebut tanpa memutus gandengan tangan antar rekan setim. Jika sarung sudah mencapai ujung barisan, maka sarung dipindahkan kembali ke rekan tim yang berada di awal. 

Lomba Hollahop Sarung
Lomba Hollahop Sarung

Lomba jenis keempat yaitu lari sprint estafet. Setiap tim dipilih 3 siswa yang tediri dari 2 laki-laki dan 1 perempuan untuk mengikuti lomba jenis ini. Lari estafet ini berjarak 25 meter. Jarak pertama dilakukan oleh laki-laki dengan mengoper tongkat kepada pelari kedua yaitu perempuan. Lalu pelari kedua berlari memberikan tongkat kepada pelarih ketiga. Siswa yang lebih dulu mencapai garis finish, maka dialah yang menjadi pemenang. 

Kegiatan Lebaran Cup diakhiri dengan pemberihan hadiah kepada pemenang lomba. Pemenang juara 1, 2, dan 3 mendapatkan piala dan pemenang harapan 1 dan 2 mendapatkan bingkisan hadiah.

Writed by Tim Publikasi kkn.um.ngembeh

VIDEO PILIHAN