Mohon tunggu...
KKN UMKAWEDUSAN
KKN UMKAWEDUSAN Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN UM Desa Kawedusan

Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) Desa Kawedusan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Bersih Masjid KKN UM Desa Kawedusan Guna Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H

25 Juni 2019   08:36 Diperbarui: 25 Juni 2019   09:01 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bersih Masjid KKN UM Desa Kawedusan Guna Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H
Dokumentasi pribadi

Pada kegiatan bersih masjid ini dilakukan di empat masjid yang berbeda yaitu masjid Al-Falah di dusun Prambutan, masjid Al-Furqon, masjid Al-huda, dan masjid Baiturrohman di dusun Semanding, yang terakhir masjid Al-Huda di dusun Kawedusan. Kegiatan bersih masjid dilakukan selama empat hari dimulai dari tanggal 28 Mei -- 1 Juli 2019, akan tetapi pada tanggal 30 Mei 2019 diliburkan dikarenakan adanya kegiatan lomba keagamaan.

Kegiatan bersih masjid dilakukan dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 10.00, akan tetapi pada saat pelaksaan di masjid Al-Furqon dilakukan setelah sholat subuh berjamaah di masjid tersebut. Di setiap pelaksaan bersih masjid dibantu dan diarahkan oleh setia takmir masjid yang dengan sukarela meluangkan waktuknya. Kegiatan ini juga merupakan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa KKN di desa Kawedusan. Pada saat pelaksanaan bersih masjid ini mahasiswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok memiliki tugas masing-masing. Di setiap masjid yang bagian perlu dibersihkan yaitu dalam masjid, serambi masjid, toilet, tempat wudhu, hingga halaman masjid.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan berbaur dengan masyarakat, selain itu kegiatan ini juga menyemarakan gotong royong. Hal tersebut juga mampu menumbuhkan silaturahim antara masyarakat dengan peserta KKN, khususnya saat kegiatan membersihkan masjid berlangsung. Selain itu adanya kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan iman dan takwa, sebab kebersihan itu sebagian dari iman.  Harapannya kegiatan ini mampu menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar.