Mohon tunggu...
KKNUMGEMBLEB2021
KKNUMGEMBLEB2021 Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

Akun ini dikelola oleh tim infokom KKN Universitas Negeri Malang tahun 2021 desa Gembleb, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer dari Bahan Alami KKN UM Pulang kampung 2021 Bersama dengan PKK Desa Gembleb

19 Juni 2021   13:32 Diperbarui: 19 Juni 2021   13:47 51 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer dari Bahan Alami KKN UM Pulang kampung 2021  Bersama dengan PKK Desa Gembleb
Anggota KKN UM Pulang Kampung Desa Gembleb Bersama PKK Desa Gembleb / dokpri

Gembleb, Tenggalek--Pelatihan pembuatan hand sanitizer dari bahan alami dengan komunitas PKK Desa Gembleb yang dilaksanakan di SDN 2 Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek, pada Rabu (16/06/2021) telah diselenggarakan dengan baik. Pelatihan pembuatan hand sanitizer dari bahan alami ini merupakan bentuk pelaksanaan dari salah satu program kerja utama dari KKN Pulang Kampung Desa Gembleb tahun 2021. Bahan alami yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah daun sirih merah, lidah buaya, dan jeruk nipis. Dalam pelaksanaan program ini dii kuti olehanggota mahasiswa KKN Pulang Kampung Desa Gembleb dan 13 tamu undangan yang berasal dari komunitas PKK Desa Gembleb.

Acara pelatihan pembuatan hand sanitizer dari bahan alami dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan, yang diantaranya adalah memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Dalam acara pelatihan ini diawali dengan pembukaan acara oleh MC, dilanjutkan dengan pembacaan Do'a oleh: Murniati Lawah, kemudian penyampaian materi oleh kedua pemateri yaitu: Anisya Nur Hafidah dan Nahdatul Rohbaniyah, dilanjutkan dengan kegiatan praktek pembuatan hand sanitizer yang di pandu oleh pemateri dan anggota KKN yang lain, diakhiri dengan bacaan hamdalah juga ungkapan terimakasih dari anggota KKN Desa Gembleb dan Ibu Ketua PKK Desa Gembleb. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB hingga 11.30 WIB, serta dapat dilaksanakan dengan khidmat dan lancar, serta disambut dengan antusias oleh peserta pelatihan yang merupakan anggota PKK Desa Gembleb.

Penyampaian materi pembuatan hand sanitizer dari bahan alami / dokpri
Penyampaian materi pembuatan hand sanitizer dari bahan alami / dokpri

Kegiatan ini memiliki tujuan supaya masyarakat Desa Gembleb dapat membuat hand sanitizer sendiri dari bahan alami yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar sebagai media cuci tangan yang praktis dan bisa di bawa ketika keluar rumah. Selain juga memberikan solusi bagi masyarakat yang kulitnya sensitif terhadap alkohol pada hand sanitizer pada umumnya. Dengan demikian, kegiatan ini dapat membantu warga Desa Gembleb untuk mempraktikkan secara langsung bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri dirumah dengan bantuan alat-alat sederhana, sebagai salah satu upaya dalam rangka membantu pecegahan penyebaran covid-19.

Proses pembuatan hand sanitizer oleh beberapa perwakilan anggota PKK / dokpri
Proses pembuatan hand sanitizer oleh beberapa perwakilan anggota PKK / dokpri

Dokumentasi lainnya dapat dilihat di instagram @kknumgembleb2021

VIDEO PILIHAN