Mohon tunggu...
kknumdukuh2021
kknumdukuh2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UM DUKUH 2021

KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Desa Dukuh Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM 2021 Mengasah Jiwa Seni dan Kreativitas Anak PAUD dan TK di Desa Dukuh

25 Juli 2021   04:08 Diperbarui: 25 Juli 2021   04:34 93 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM 2021 Mengasah Jiwa Seni dan Kreativitas Anak PAUD dan TK di Desa Dukuh
Siswa-siswi TK mulai mewarnai dengan penuh semangat

Jiwa seni dan kreativitas merupakan faktor penting dalam usia dini, oleh sebab itu jiwa seni dan kreativitas pada anak penting dan perlu untuk dikembangkan. Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi, kerapian dalam mewarnai, jeli dalam memilih warna pada setiap objek yang akan diwarna agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam mewarnai. Maka dari itu mahasiswa KKN UM 2021 di desa Dukuh mengadakan acara lomba mewarnai yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2021 dengan peserta tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK).

Dalam kegiatan lomba mewarnai ini mengundang murid PAUD dan TK yang ada di desa Dukuh, dengan jumlah peserta 14 anak dari PAUD Harapan Bangsa dan TK Dharma Wanita dengan jumlah peserta sebanyak 20 anak, TK A berjumlah 11 anak dan TK B berjumlah 9 anak. Kegiatan dimulai dengan registrasi di meja yang sudah disiapkan, meja PAUD dan TK akan dipisah agar memudahkan peserta dalam registrasi serta pemberian gambaran yang akan diwarna, untuk anak PAUD mewarnai gambar ikan sedangkan anak TK mewarnai gambar pemandangan. Anak PAUD dan TK diarahkan menuju tempat yang sudah disediakan dan tentunya tempat duduk PAUD dan TK akan dipisahkan agar mudah dalam mengkoordinasinya, selanjutnya acara dibuka oleh pembawa acara dan tidak lupa membacakan peraturan yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar, setelah itu kegiatan mewarnai bisa dimulai dengan durasi waktu 90 menit.

Siswa-siswi TK yang telah menyelesaikan mewarnanya
Siswa-siswi TK yang telah menyelesaikan mewarnanya

Penilaian dilakukan oleh 3 juri yakni Juri 1 guru PAUD, Juri 2 guru TK , dan Juri 3 Mahasiswa KKN, untuk menunggu penilaian selesai, pembawa acar mengadakan kuis dan permainan yang berhadiahkan bingkisan, setelah penilaian selesai selanjutnya pengumuman pemenang lomba mewarnai, untuk PAUD dibagi menjadi juara 1, juara 2, dan juara 3 sedangkan TK juga sama dibagi menjadi juara 1, juara 2, dan juara 3, hadiah akan diberikan oleh mahasiswa KKN.

Siswa-siswi PAUD yang telah menyelesaikan mewarnanya
Siswa-siswi PAUD yang telah menyelesaikan mewarnanya

Kegiatan ini termasuk program kerja KKN UM 2021 di desa Dukuh. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan jiwa seni dan kreativitas anak-anak PAUD Harapan Bangsa dan TK Dharma Wanita yang ada di desa Dukuh, karena jiwa seni dan kreativitas merupakan hal penting untuk menuju jenjang selanjutnya.

Mahasiswa KKN memberikan permainan sederhana untuk mengisi waktu menunggu pengumuman pemenang
Mahasiswa KKN memberikan permainan sederhana untuk mengisi waktu menunggu pengumuman pemenang

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN