Mohon tunggu...
kknumdukuh2021
kknumdukuh2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UM DUKUH 2021

KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Desa Dukuh Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN UM Desa Dukuh Ikut Serta Pemeliharaan Greenhouse Desa Dukuh

25 Juli 2021   02:20 Diperbarui: 25 Juli 2021   02:26 64 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Desa Dukuh Ikut Serta Pemeliharaan Greenhouse Desa Dukuh
Mahasiswa KKN menyiram tanaman yang ada di Greenhouse

Tulungagung. Mahasiswa KKN UM Desa Dukuh didampingi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Putih ikut serta membantu dalam pemeliharaan Greenhouse di Desa Dukuh, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Kegiatan ini termasuk kedalam program kerja "Pemeliharaan Greenhouse" yang diselenggarakan oleh tim KKN UM Desa Dukuh. Kegiatan pemeliharaan greenhouse ini dijadwalkan setiap hari Selasa dan Sabtu. 

Kegiatan yang dilakukan antara lain membersihkan area greenhouse, mencabut tanaman-tanaman liar yang tumbuh disekitar greenhouse, membantu memanen hasil tanaman di greenhouse dan yang paling utama membantu proses penyiraman tanaman-tanaman yang terdapat pada greenhouse.

Sayuran yang ditanam pada greenhouse desa Dukuh ini diantaranya ada terong, cabe, bayam dan gambas. Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Putih biasanya melakukan pembibitan di greenhouse mulai dari benih. Akan tetapi karena adanya hama tikus, pembibitan dilakukan dirumah masing-masing anggota KWT, agar dapat dengan mudah diawasi. Selanjutnya benih yang sudah menjadi bibit akan dipindahkan dilahan yang ada di sekitar greenhouse.

Mahasiswa KKN menyiram sayuran terong yang ada di Greenhouse
Mahasiswa KKN menyiram sayuran terong yang ada di Greenhouse

Tanaman yang ditanam pada green house ini bebas dari pestisida maupun bahan kimia lainnya. Sayur yang ditanam di green house menggunakan tanah yang telah dicampur dengan pupuk organik dari kotoran kambing dan sekam sehingga bebas dari bahan kimia lainnya, dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Hasil panen sayuran dari green house selanjutnya akan diperjual belikan dipasar dan pedagang kecil, utamanya warga desa Dukuh. Penghasilan dari penjualan sayuran dikumpulkan dan digunakan untuk membeli benih atau bibit yang baru.

"hasil panen kami biasanya diperjualkan antar anggota mbak, selain itu juga diperjual belikan ke pedagang didesa Dukuh dengan harga yang lebih murah dari harga jual dipasarnya" Ucap Ibu Dozy anggota KWT Mawar Putih.

Dalam kegiatan pemeliharaan greenhouse yang dilakukan mahasiswa KKN UM Desa Dukuh ini, diharapkan dapat menjadi contoh untuk seluruh masyarakat desa Dukuh untuk turut serta dalam pemeliharaan greenhouse di Desa Dukuh. Sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh warga desa Dukuh.

Mahasiswa KKN membantu ibu KWT memanen sayuran terong
Mahasiswa KKN membantu ibu KWT memanen sayuran terong

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x