Mohon tunggu...
KKN UMDesa
KKN UMDesa Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UM Desa Krejengan

Kegiatan Mahasiswa KKN UM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN UM 2021 Lakukan Pembaruan dengan Mendesain Logo dan Kemasan Produk Desa Krejengan

18 Juli 2021   07:14 Diperbarui: 24 Juli 2021   18:36 393 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Krejengan,  Logo merupakan sebuah ciri khas atau simbol yang paten bagi para produsen makanan salah satunya karena dapat dijadikan sebuah tanda pengenal agar lebih mudah diingat oleh banyak orang. Dalam pembuatan desain logo sebuah produk tak boleh sembarangan, logo ini akan menjadi daya tarik bagi suatu produk yang diperjual belikan di pasaran. Kebanyakan hanya berpikir keberhasilan harus selalu didukung oleh modal yang banyak, produk dan pemasaran yang baik atau pun bagus. 

Padahal ada banyak faktor lain yang saling terkait. Faktor yang tidak kalah pentingnya adalah dengan mengemas produk agar terlihat menarik di mata para konsumen atau calon konsumen.  

Mahasiswa KKN UM menemui bahwa di Desa Krejengan mengenai logo produk yang dipasarkan masih menggunakan logo produk yang tidak menarik karena hanya menampikan tulisan saja dan bahkan ada yang tidak menggunakan logo produk dan dalam kemasannya masih menggunakan plastik yang bening. 

Dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN UM berinisiatif untuk membantu pembuatan logo dan produk perancangan kemasan. Penanggung jawab pembuatan logo dan perancangan kemasan tersebut diurus oleh Tri Amalia Wahyuning Tias dan Agni Abdillah.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Perancangan kemasan ini menciptakan kemasan dengan desain yang menarik untuk mendapat perhatian masyarakat sebagai produk yang menarik di pasaran, selain itu juga membuat produk memiliki ciri khas. Fungsi desain kemasan lainnya yaitu melindungi produk yang ada di dalamnya serta digunakan sebagai cara promosi kepada masyarakat. 

Pembuatan logo dan pencangan kemasan membutuhkan waktu 5 hari dengan menggunakan aplikasi editing adobe photoshop. Ada beberapa produk yang dipilih untuk di-rebranding seperti opak gulung, kripik tempe, kripik buah naga, kripik waluh, dan lukisan yang telah berkembang baik di dalam maupun luar Desa Krejengan.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Desain logo dan kemasan yang telah mahasiswa KKN UM rancang dipresentasikan oleh Mas Indra selaku perwakilan Desa Krejengan dalam kegiatan Orientasi Program Desa Berdaya Tahun 2021. Kegiatan tersebut diikuti oleh desa yang mendapatkan bantuan Program Desa Berdaya. Salah satu desa yang mendapatkan bantuan Program Desa Berdaya yaitu Desa Krejengan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan