Mohon tunggu...
Riska
Riska Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Senang menulis tentang apa saja yang terlihat menarik

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut, KKN 437 Universitas Jember Galakkan Sosialisasi Menyikat Gigi yang Benar

13 Agustus 2022   18:53 Diperbarui: 22 Agustus 2022   15:47 77 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Berbaur dengan warga desa merupakan sebuah hal yang bisa dikatakan sebagai kewajiban bagi Kelompok KKN 437 Universitas Jember terutama pada bidang pendidikan dan kesehatan. Secara kebetulan, Balai Desa Sukosari yang sekaligus menjadi posko Kelompok KKN 437 UNEJ terdapat sebuah PAUD yang hanya memiliki dua tenaga pengajar, sehingga tergerak bagi Kelompok KKN 437  untuk ikut mengajar di PAUD. Membaca, menulis, dan bernyanyi merupakan tiga hal yang diajarkan pada anak usia dini. Tak lupa, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran merupakan hal yang penting untuk ditanamkan sejak dini sebagai bentuk iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah Kesehatan. Tentunya kesadaran soal kesehatan merupakan aspek yang juga harus ditanamkan sejak usia dini. Oleh karena itu, selain membantu mengajar, Kelompok KKN 437 UNEJ mensosialisasikan kebiasaan hidup sehat kepada murid-murid PAUD. Salah satu kebiasaan hidup sehat yang paling penting adalah menggosok gigi dengan benar. Sebelum memulai acara, dilakukan check suhu tubuh terlebih dahulu menggunakan thermo gun. 

Hal yang tak diduga terjadi ketika thermos gun tiba-tiba tidak bisa digunakan dan setelah dicari tahu masalahnya ternyata baterai thermogun telah habis. Masalah pun muncul kembali tatkala tidak adanya manekin gigi untuk memberi contoh awal kepada murid-murid. Masalah ini pun dapat diselesaikan pula dengan mempraktekkannya secara langsung pada murid  di halaman PAUD (3/8/2022). 

Sebelum memulai praktek, murid-murid PAUD mendapatkan penjelasan terlebih dahulu soal bagaimana menggosok gigi yang benar dan kapan waktu menggosok gigi yang dianjurkan. Teman-teman KKN 437 UNEJ menyarankan agar menggunakan sikat gigi yang sesuai dengan usia penggunanya serta rutin mengganti sikat gigi yang sudah tidak layak pakai. Usai pemberian materi soal sikat gigi, akhirnya murid-murid PAUD pun mempraktekkannya secara langsung dan praktek ini masih didampingi oleh teman-teman KKN 437 UNEJ. Setelah demonstrasi, semuanya diminta untuk mengulangi praktek sikat giginya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman murid-murid PAUD dari demonstrasi sikat gigi yang telah dicontohkan sebelumnya. Para murid mengikuti dengan baik dan antusias sehingga praktek sikat gigi yang baik dan benar berjalan dengan lancar. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan