Mohon tunggu...
KKNT MBKMUPNVJT
KKNT MBKMUPNVJT Mohon Tunggu... Mahasiswa - Media untuk mempublikasi aktivitas KKNT MBKM Kelompok 114

UPN "Veteran" Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKNT MBKM 114 UPN "Veteran" Jawa Timur Menerbitkan 70+ NIB untuk Pelaku Usaha di Desa Ambulu

12 April 2022   13:46 Diperbarui: 12 April 2022   13:56 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi Kelompok 114

Mahasiswa KKNT MBKM 114 UPN "Veteran" Jawa Timur mendirikan posko pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk para pelaku UMKM di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini dilaksanakan dalam jangka waktu 2 hari (3-4 April 2022) di Balai Desa Ambulu. Setidaknya lebih 70 UMKM mendaftarkan NIB untuk usahannya sehingga antusiasme para pelaku usaha di Desa Ambulu dalam kegiatan ini dapat dikatakan cukup tinggi.

NIB merupakan nomor identitas pelaku usaha untuk dapat melaksanakan kegiatan berusaha sesuai dengan bidang usaha yang dilakukannya. Nomor identitas tersebut terdiri dari tiga belas angka yang mana wajib dimiliki oleh para pelaku usaha. 

Kemudian, fungsi NIB tidak hanya sebagai identitas usaha saja, tetapi juga berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), dan Akses Kepabeanan perusahaan dalam melakukan kegiatan impor maupun ekspor. Ketentuan tersebut tertuang dalam PP No.24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Integrasi Secara Elektronik.

Bapak Husen selaku perwakilan perangkat desa menyatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh KKNT MBKM 114 UPN "Veteran" Jawa Timur ini bernilai positif, karena dapat menjadi motivasi masyarakat Desa Ambulu khususnya para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih baik lagi. 

Adanya posko pendaftaran NIB ini disambut secara baik oleh para pelaku usaha UMKM, terlebih pendaftaran NIB yang dilaksanakan secara online dan tidak dipungut biaya apapun. Sehingga meningkatkan antusias dan semangat para pelaku usaha UMKM untuk mendaftarkan NIB usaha mereka.

Sumber: Dokumentasi Pribadi Kelompok 114
Sumber: Dokumentasi Pribadi Kelompok 114

Sebelum melakukan pendaftaran NIB, mahasiswa KKNT MBKM 114 UPN "Veteran" Jawa Timur mendapatkan pembekalan materi terkait NIB pada Rabu (30/03) dari Ibu Selvi Agustin selaku Koordinator UMKM Kabupaten Probolinggo. 

Kelompok 114 menindaklanjuti pembekalan materi tersebut dengan mengadakan sosialisasi terkait NIB ke kepala dusun dan para pelaku UMKM yang ada di Desa Ambulu sebelum membuka posko pendaftaran NIB. 

"Adanya posko pendaftaran NIB ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha untuk berkembang dan sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki usaha mikro dan kecil menengah, mengingat beragamnya usaha yang didirikan masyarakat di Desa Ambulu," ujar M. Sabilal Ali selaku ketua kelompok 114.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun