Mohon tunggu...
KKNT Teknologi Pangan UMM
KKNT Teknologi Pangan UMM Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN-Tematik Desa Gunungrejo

Kuliah Kerja Nyata Tematik Program Studi Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2021

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sukseskan Program Pemerintah, Mahasiswa KKN Tematik Teknologi Pangan UMM Bantu Pelaksanaan Kegiatan Vaksinasi

23 Oktober 2021   12:04 Diperbarui: 23 Oktober 2021   12:27 81 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sukseskan Program Pemerintah, Mahasiswa KKN Tematik Teknologi Pangan UMM Bantu Pelaksanaan Kegiatan Vaksinasi

Mahasiswa peserta KKN Tematik Program Studi Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang dalam melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan pendanaan untuk mengikuti Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Kemendikbud tahun anggaran 2021 ikut serta membantu menyukseskan kegiatan vaksinasi dosis pertama yang dilaksanakan oleh Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Program vaksinasi dilaksanakan pada hari Jumat 1 Oktober 2021, menggunakan vaksin jenis Sinovac. Berlangsungnya Vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 14.30 WIB bertempat di Kantor Desa Gunungrejo.

Penyebaran virus Covid-19 semakin meningkat, hal ini perlu adanya perlindungan dengan mematuhi protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Selain itu, sebagai upaya tambahan pemerintah desa Gunungrejo mengadakan kegiatan vaksinasi yang bekerjasama dengan puskesmas setempat dan mahasiswa KKN Tematik Program Studi Teknologi Pangan UMM. Kegiatan Vaksinasi ditujukan untuk warga desa setempat utamanya warga Dusun kreweh dan Dusun biru.

Anggota KKN Tematik bersama vaksinator dan perangkat desa telah bersiap sejak pagi untuk menyambut warga desa yang ingin melakukan vaksin. Sesuai dugaan, bahwa antusias warga setempat sangat tinggi terlihat dari kedatangan sejak pukul 07.00 pagi, sebelum waktu yang ditentukan. Sementara itu, anggota KKN Tematik membantu pada bagian verifikasi data, mengkondisikan antrian pendaftaran vaksinasi, dan mengarahkan warga pada screening kesehatan sebelum dilakukannya vaksinasi. Vaksinasi berjalan cukup tertib dan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, yakni penggunaaan masker oleh warga desa dan pengondisian vaksinasi yang dibantu aparat sekitar terdiri dari linmas, babinsa, dan bhabinkamtibnas.

Sukseskan Program Pemerintah, Mahasiswa KKN Tematik Teknologi Pangan UMM Bantu Pelaksanaan Kegiatan Vaksinasi
Sukseskan Program Pemerintah, Mahasiswa KKN Tematik Teknologi Pangan UMM Bantu Pelaksanaan Kegiatan Vaksinasi
Persyaratan yang tidak menyulitkan warga juga menjadi salah satu faktor suksesnya vaksinasi di Desa Gunungrejo ini. Warga hanya diminta membawa fotokopi kartu keluarga atau KTP serta menyiapkan nomor telepon yang bisa digunakan untuk mengirimkan SMS. Kemudian, pada tahap screening dilakukan pengecekan terkait ada tidaknya keluhan penyakit dan memiliki tekanan darah yang normal maka dipastikan lolos screening kesehatan, warga yang dinyatakan lolos diperbolehkan untuk mendapat vaksin dosis pertama.

Peserta vaksinasi terdiri dari lansia, dewasa, dan remaja diatas umur 12 tahun dengan total 972 jiwa tervaksinasi dari 1.005 yang mendaftar. Hal ini membuktikan kesadaran warga desa yang cukup tinggi terkait penanganan penyebaran covid-19. Suatu kehormatan bagi Desa Gunungrejo karena Bapak Eko Wahyu Widodo selaku Camat Singosari juga melakukan vaksin dosis pertama di Desa Gunungrejo.

Bapak Rudi Hartono selaku Kepala Dusun Kreweh menyatakan kegembiraannya,  “Alhamdulilah, saya sangat berterima kasih kepada Mahasiswa peserta KKN Tematik Program Studi Teknologi Pangan UMM sangat membantu kelancaran vaksinasi hari ini. Terima kasih sekali” ungkapnya.

Program vaksinasi yang bertempat di Kantor Desa Gunungrejo kembali membuka layanan vaksin dosis satu jenis Sinovac, yang akan berlangsung Jumat 8 Oktober bagi warga yang belum mendapatkan vaksin pada hari Jumat 1 Oktober 2021.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan