Mohon tunggu...
KELOMPOK 75
KELOMPOK 75 Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPN VETERAN JAWA TIMUR

Kelompok 75 Merupakan salah satu anggota KKN Tematik Bela Negara (UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN UPN Veteran Jatim Adakan Sosialisasi dan Edukasi Guna Membantu Pemerintah Sukseskan Program Vaksinasi

15 Juli 2021   15:40 Diperbarui: 15 Juli 2021   16:11 245 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN UPN Veteran Jatim Adakan Sosialisasi dan Edukasi Guna Membantu Pemerintah Sukseskan Program Vaksinasi
Kegiatan Sosialisasi Yang dilakukan Oleh Anggota Kelompok 75/dokpri

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) merupakan virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Virus ini ditemukan pertama kali di Wuhan Cina, pada Desember 2019. Virus Corona ini sudah menyerang 213 negara, salah satunya adalah Indonesia. Oleh karena itu, pada Rabu, 11 Maret 2020 Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan Covid-19 sebagai pandemi. Di Indonesia, sejak dua kasus pertama Covid-19 yang diumumkan pada 2 Maret 2020, jumlah kasusnya terus meningkat tersebar di 34 provinsi. Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif kian hari makin meningkat, bahkan akhir-akhir ini peningkatannya sudah mencapai 1000 kasus per hari. Hal ini menjadikan Presiden Joko Widodo memutuskan mengambil kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB dalam menangani pandemi virus Corona atau COVID-19 di Tanah Air. Namun tampaknya kebijakan PSBB belum mampu sepenuhnya mengendalikan jumlah persebaran kasus Covid-19 . Hal ini terlihat dari jumlah kasus Covid-19 yang terus bertambah setiap harinya.

Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan tersebut, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur tergerak untuk berkontribusi dalam mengatasi permasalahan Covid-19 ini. KKN ini diberi nama KKN Tematik Bela Negara untuk Mewujudkan Merdeka Belajar yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana penanggulangan masalah di berbagai sektor akibat pandemi COVID-19. dengan tema "Pengembangan Potensi Pariwisata Lokal dan Penguatan Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi COVID-19", yang pelaksanaannya dimulai pada tanggal 13 Juli 2021 - 27 Juli 2021 di daerahnya masing-masing melalui daring. Kegiatannya berupa program wajib pendataan penduduk terkait Covid-19, serta program edukasi pencegahan Covid-19 varian baru, dan edukasi tentang vaksinasi bagi masyarakat secara daring. Sebagaian masyarakat masih merasa ketakutan dengan program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah.

Oleh karena itu, sosialisasi pentingnya vaksinasi menjadi salah satu prioritas program Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik Bela Negara (UPN "Veteran" Jawa Timur) Kelompok 75. Kegiatan edukasi ini bertujuan agar warga kampung batik kembang turi yang berada di Kelurahan Turi, Blitar, lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemik Covid-19 ini. Kegiatan KKN Tematik Bela Negara (UPN Veteran Jawa Timur) ini telah mendapat dukungan penuh dari Ketua Pengelola Kampung Batik, Bapak Parianto beliau mengatakan. "Program kegiatan KKN ini sangat bagus sekali, karena memang banyak warga di sini terutama lansia yang masih enggan dan takut untuk divaksin, dan dengan adanya kegiatan KKN ini jadi bersedia untuk divaksin". Dengan adanya kegiatan KKN mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur ini, diharapkan dapat turut menyukseskan program vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pemerintah dalam percepatan pemulihan kesehatan dan ekonomi nasional.

Proses kegiatan sosialisasi dengan warga kampung batik kembang turi/dokpri
Proses kegiatan sosialisasi dengan warga kampung batik kembang turi/dokpri

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan