Mohon tunggu...
KKNT KEL124LUMAJANG
KKNT KEL124LUMAJANG Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN-TEMATIK MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur Kelompok 124 Lumajang

Mahasiswa KKN-TEMATIK MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur Kelompok 124 Lumajang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penghidupan Kembali Pawon Urip Desa Jatimulyo, Lumajang oleh KKN Tematik 124 UPN Veteran Jawa Timur

25 Mei 2022   14:21 Diperbarui: 25 Mei 2022   14:26 43 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Lumajang, Tim KKNT 124 UPN Veteran Jawa Timur menyelenggarakan penggarapan lahan Pawon Urip yang dimiliki desa Jatimulyo, ini dilaksanakan selama empat hari berturut-turut dimulai dari tanggal 18, 19,20, 21 Mei 2022. Kegiatan yang dilakukan oleh Tim KKNT ini diantaranya antara mengoleh lahan tanah yang dimiliki desa Jatimulyo tepatnya milik Pawon Urip  yang tepatnya berada pada halaman kantor desa Jatimulyo. Lahan itu ditanami berbagai tanaman Hortikultural diantaranya kangkung, sawi hijau, bayam dan terong ungu.

Menurut Musfarinah Thoriq, sebagai Ketua PKKTP Kabupaten Lumajan menjelaskan, program Pawon Urip merupakan upaya untuk memperkuat semangat gotong royong dan solidaritas sosial antar negara tetangga. Pawon Urip bertujuan untuk ketahanan pangan dan gizi keluarga, terutama di masa pandemi Covid 19 dan pemulihan pascapandemi. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sosialisasi, penguatan tingkat kecamatan dan desa, pembentukan Pawon Urip di masing-masing desa, dan kompetisi Payon-Ulip.

Kegiatan pengolahan lahan ini bertujuan untuk tetap menghidupkan Pawon Urip yang dimiliki oleh Desa Jatimulyo sendiri agar lebih baik dan lebih aktif lagi. Kegiatan ini juga bermanfaat dalam menjaga dan merawat lingkungan dengan memanfaatkan lahan yang tidak digunakan untuk ditanami kembali guna menciptakan keindahan serta dapat menikmati hasil dari tanaman Hortikultural.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan