Mohon tunggu...
KKNT MBKM Kelompok 112 UPNVJT
KKNT MBKM Kelompok 112 UPNVJT Mohon Tunggu... Mahasiswa - Skema Desa Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif - Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo

Read Our Journey!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penyerahan Teknologi Tepat Guna "Cash Drawer" untuk "Omah Nyemil" Desa Laweyan

26 Juni 2022   11:41 Diperbarui: 26 Juni 2022   12:05 39 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyerahan TTG berupa Cash Drawer kepada Sekretaris Desa Laweyan/dokpri

PROBOLINGGO - Era saat ini menuntut segala sesuatu dengan bantuan teknologi. Dengan adanya teknologi, segala pekerjaan diharapkan dapat menjadi lebih mudah. 

Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur memberikan teknologi tepat guna berupa mesin kasir (cash drawer) kepada "Omah Nyemil" Desa Laweyan. "Omah Nyemil" merupakan pusat oleh-oleh sekaligus rest area yang bertempat di Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Laweyan, di dalamnya terdapat berbagai produk yang berasal dari UMKM baik dari Desa Laweyan maupun desa-desa lainnya.

Mesin kasir (cash drawer) diberikan kepada "Omah Nyemil" karena mengingat urgensinya dalam melayani transaksi jual beli. Cash drawer atau yang dikenal dengan sebutan mesin kasir sendiri merupakan sebuah alat mekanik ataupun elektronik yang berguna dalam membantu kinerja kasir . 

Cash drawer berwujud laci yang berisi rak-rak yang disebut bill tray dan coin tray. Kegunaan utama mesin kasir yaitu untuk menyimpan uang tunai dari transaksi pembayaran. Selain itu, kasir juga dapat memisahkan uang tunai sesuai nominalnya, sehingga lebih memudahkan dalam mengambil uang dari mesin kasir pada saat transaksi. 

Mesin kasir juga memudahkan pengambilan kembalian sehingga antrian pembeli tidak terlalu panjang. Disamping memudahkan penyimpanan uang tunai, mesin kasir juga dapat mengurangi kesalahan kasir ketika menghitung total barang belanjaan pembeli serta pencurian uang di toko apabila kasir tidak jujur.

Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur memberikan mesin kasir dengan tujuan agar mempermudah aktivitas kerja di Omah Nyemil saat terjadi proses transaksi.

 Selain itu,mahasiswa KKN UPNVeteran Jawa Timur juga melakukan pendampingan tentang bagaimana cara penggunaan mesin kasir tersebut dengan baik dan benar. Diharapkan agar mesin kasir tersebut dapat bermanfaat dan menjadi bagian dari suksesnya Omah Nyemil dimasa yang akan datang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan